9 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Sesuai Harapan

Rabu, 15 Juni 2022 | 16:07 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
9 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Sesuai Harapan

ILUSTRASI. Ilustrasi tips membeli mobil bekas./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/07/06/2022.


TIPS & TRIK -Jakarta. Membeli mobil bekas tentu saja menjadi pilihan Anda yang memiliki dana terbatas. Membeli mobil bekas memang dapat memberikan keuntungan. 

Selain bisa langsung digunakan, harga jual mobil bekas tentunya lebih murah dan tidak perlu khawatir dengan harga pajak yang mahal. Meski begitu, membeli mobil bekas itu gampang-gampang susah. 

Kalau salah pilih, Anda bisa mendapat mobil bekas dengan kondisi jelek yang banyak menimbulkan masalah di kemudian hari. Untuk itu, ada sejumlah tips untuk membeli mobil bekas agar tidak tertipu. 

Baca Juga: KB Finansia Multi Finance Bakal Terbitkan Obligasi Maksimal Rp 1 Triliun

Tips membeli mobil bekas agar sesuai harapan 

Dirangkum dari keterangan resmi Duitpintar.com selaku broker asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, berikut adalah tips membeli mobil bekas agar sesuai harapan:

1. Beli mobil yang sesuai dengan budget 

Pilih mobil bekas yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli mobil yang di luar kemampuan. 

Sebab, meskipun mampu membeli mobil, biaya perawatan mobil juga menjadi hal lain yang perlu disiapkan. 

2. Jangan terjebak harga miring

Tips membeli mobil bekas yang kedua adalah, jangan terjebak dengan harga yang miring dari penjual. Harus hati-hati dan melakukan inspeksi secara mendalam bersama dengan montir bengkel atau orang yang ahli dalam menilai kelayakan dan kondisi mobil.

Sebab, apabila harga mobil yang ditawarkan terlalu murah dari pasaran, maka bisa jadi mobil tersebut bekas kecelakaan berat atau bahkan bekas kebanjiran. 

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Bekasi Hari Ini 15 Juni 2022 di MM, Biaya Perpanjang Rp 75.000

3. Periksa riwayat service

Dengan melakukan cek riwayat service mobil, Anda dapat mengetahui dengan jelas apakah mobil tersebut dirawat secara berkala atau tidak.

Pastikan juga apakah mobil bekas yang diincar melakukan servis rutin di bengkel resmi atau bukan.

Sebaiknya, pilihlah mobil yang memiliki riwayat servis yang menggunakan jasa bengkel resmi, karena selain terjaminnya kondisi mobil yang akan dibeli, dengan melakukan perawatan rutin maka bisa memastikan keaslian odometer mobil.

4. Pastikan dokumen lengkap

Selanjutnya, periksa kelengkapan dokumen saat membeli mobil bekas. Pastikan nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan yang tertera dalam STNK dan BPKB.

Pastikan mobil incaran memiliki kelengkapan surat-surat yang baik dan benar, cek nomor rangka motor, nomor mesin, cocokkan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Baca Juga: Cek Harga Mobil Honda Civic RS Terbaru, Pilihan Sedan Mewah di Pertengahan 2022

5. Miliki asuransi 

Kalau mobil bekas yang Anda beli sudah memiliki asuransi, maka Anda tetap perlu melakukan balik nama agar lebih mudah ketika mengajukan klaim di kemudian hari.

Anda bisa memilih asuransi mobil bekas dengan pertanggungan Total Loss Only (TLO) karena premi yang terjangkau dan manfaatnya yang mencakup banyak pertanggungan.

6. Cek bodi kendaraan

Cek juga keutuhan bodi kendaraan jika ingin membeli mobil bekas. Terutama bagian panel pintu, kap mesin, kaca mobil, dan cat mobil.

Jika mobil memiliki bodi asli, struktur rangka utama dan cat mobil tidak ada perubahan yang berarti. Sedangkan jika pernah mengalami perombakan maka akan ada perubahan warna cat dan beberapa bagian yang tidak sama. 

Baca Juga: Mudah Perpanjang SIM A & C, Ini Jadwal SIM Keliling Bekasi Hari Ini 14 Juni 2022

7. Cek kondisi mesin

Kemudian, cekkondisi mesin mobil bekas.Buka kap mesin mobil dan menyalakan mobil yang akan dibeli, perhatikan semua komponen mobil dan suara mesin. Jika ada komponen yang bergetar tidak semestinya, maka akan menimbulkan suara lain saat mobil dinyalakan.

Periksa secara menyeluruh, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya. Setelah itu lakukanlah test drive jika showroom atau penjual meminta calon pembeli untuk mencoba mobil tersebut.

Saat test drive ini perhatikan dengan baik, mulai dari laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi, hingga kaki atau per mobil, dengan begitu bisa menilai mobil bekas tersebut masih nyaman atau tidak.

Baca Juga: Intip Harga Mobil Bekas Toyota Avanza Varian Kedua per Juni 2022

8. Minta mekanik atau montir menemani saat melihat kondisi mobil bekas

Tips membeli mobil bekas mungkin akan susah bagi Anda yang belum mengerti banyak tentang mesin mobil. Karena itu, penting untuk mengajak teman atau kenalan montir yang memang mengerti tentang seluk beluk kendaraan roda empat.

9. Cek interior dan aksesori mobil

Cara mengecek mobil bekas paling mudah adalah melakukan pemeriksaan terhadap interior mobil mulai dari dashboard, kulit jok, karpet alas kaki, audio, hingga lampu kabin.

Pastikan semua hal tersebut berfungsi dengan baik termasuk AC yang memiliki udara dingin, serta fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, rem tangan, hingga lampu hazard.

Demikian tips membeli mobil bekas agar sesuai harapan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru