Awas, Covid-19 bisa memicu parkinson, ini penyebanya

Selasa, 27 April 2021 | 10:55 WIB Sumber: Kompas.com
Awas, Covid-19 bisa memicu parkinson, ini penyebanya


COVID-19 - Jakarta. Penyakit Covid-19 bisa berkaitan dengan parkinson. Bahkan, Covid-19 bisa memicu penyakit parkinson.

Sebagian besar orang yang terinfeksi Covid-19 mengalami gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson adalah kondisi neurologis.

Gejala parkinson muncul perlahan dan berkembang seiring berjalannya waktu. Gejala parkinson bisa berupa gemetar atau tremor, kaku, dan kesulitan dengan keseimbangan, berjalan, berbicara, dan koordinasi.

Karena penyakit ini memengaruhi otak, penderita Parkinson juga mengalami perubahan perilaku, masalah memori, masalah tidur, dan kelelahan. Kondisi tersebut terjadi akibat kerusakan sel saraf yang bertanggung jawab untuk mengontrol gerakan.

Riset yang dipublikasikanpada 27 November 2020 dalam jurnal The Lancet menemukan beberapa pasien Covid-19 yang mengalami gejala mirip Parkinson. Pasien-pasien yang terlibat dalam penelitian tersebut menunjukkan penurunan fungsi sistem jalur dopamin otak pada tes pencitraan. Padahal, tak ada satupun pasien dalam penelitian tersebut yang memiliki riwayat keluarga atau tanda klinis penyakit Parkinson sebelum terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Covid-19 mengamuk, India kirim tentara untuk membantu rumah sakit yang kewalahan

Kaitan Covid-19 dan Parkinson

Dalam riset tersebut, peneliti memberikan beberapa dugaan mengapa pasien yang terinfeksi Covid-19 juga mengalami gejala mirip penyakit Parkinson. Pertama, virus Corona diketahui menyebabkan komplikasi vaskular di otak dan organ lain.

Peneliti menyakini bahwa hal ini dapat merusak jalur otak. Kerusakan ini mirip dengan apa yang terjadi selama perkembangan parkinsonisme vaskular.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru