Baik untuk kesehatan, kenali 5 manfaat buah anggur ini

Senin, 20 September 2021 | 09:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Baik untuk kesehatan, kenali 5 manfaat buah anggur ini

ILUSTRASI. Manfaat buah anggur baik untuk kesehatan Anda. Sumber foto : sputniknews.com


KESEHATAN - JAKARTA. Anggur bisa Anda temukan dalam berbagai macam warna. Contohnya, merah, hitam, hijau, dan lain-lain. Apa pun warnanya, ada banyak manfaat anggur yang berguna untuk kesehatan Anda. Khasiatnya bisa Anda dapat dengan pemakaian rutin.

Berbagai macam nutrisi terkandung dalam buah anggur. Mulai dari protein, serat, vitamin C, vitamin K, kalium, mangan, hingga vitamin B6. Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa anggur bisa dijadikan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh.

Vitamin C berperan sebagai antioksidan. Saat kebutuhan tubuh akan nutrisi itu tercukupi, sistem imun tubuh menjadi lebih kuat. Dengan begitu, semakin banyak radiakl bebas penyebab penyakit yang bisa dilawan.

Selain perlu dikonsumsi secara rutin, khasiat anggur juga bisa Anda maksimalkan dengan mengombinasikannya bersama makanan bergizi lain. jika Anda ingin mengonsumsi anggur dalam bentuk jus, usahakan untuk tidak memakai pemanis buatan supaya manfaatnya tak terganggu.

Baca Juga: 8 Minuman ini bisa mengurangi asam lambung naik, apa saja?

Menjaga Kesehatan Jantung

Apabila Anda ingin menjaga kesehatan jantung, cobalah untuk rutin mengonsumsi anggur. Kandungan dalam jenis buah itu mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Ketika kolesterol lebih terkontrol, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga risiko penyakit jantung dapat berkurang.

Menguatkan tulang

Memiliki tulang yang kuat merupakan salah satu hal penting untuk Anda. Selain mengandung mangan dan vitamin K, anggur juga memiliki kalsium, magnesium, dan mineral-mineral lain yang efektif menguatkan tulang Anda.

Menurunkan Diabetes

Manfaat buah anggur berikutnya adalah digunakan sebagai obat diabetes. Alasannya karena nutrisi yang terdapat dalam buah anggur mampu menurunkan jumlah gula darah. Meski demikian, jangan lupa untuk membicarakannya dulu dengan dokter, ya. Khususnya bagi Anda yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu.

Baca Juga: 5 Minuman lezat ini bisa menurunkan kolesterol jahat, lo

Memperpanjang Umur

Melansir Healthline, resveratrol, salah satu kandungan dalam anggur, mampu meningkatkan kemungkinan panjang umur. Tidak hanya itu, tanda-tanda penuaan juga bisa Anda cegah dengan rutin makan buah anggur.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Salah satu manfaat buah anggur adalah menjaga kesehatan mata.

Manfaat buah anggur lainnya adalah baik untuk indra penglihatan Anda. Menurut penelitian, tikus yang diberi suplemen ekstrak anggur memiliki fungsi retina yang lebih baik daripada tikus yang tak diberi anggur. Risiko kerusakan retina pun berkurang karena jenis buah itu.

Selanjutnya: 5 Manfaat Cranberry yang Baik untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru