Begini cara menghindari potensi gangguan kesehatan mata anak saat PJJ

Selasa, 10 Agustus 2021 | 19:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Begini cara menghindari potensi gangguan kesehatan mata anak saat PJJ


PARENTING - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi alternatif pembelajaran selama pandemi Covid-19 berlangsung. Namun, orang tua perlu waspada potensi gangguan kesehatan mata anak kala PJJ. 

Pembelajaran daring selama PJJ menggunakan gadget sebagai media penunjangnya. Meskipun membantu mendukung pembelajaran, memakai gadget terlalu lama bisa memengaruhi kesehatan mata. 

Melansir laman Universitas Diponegoro (Undip), gangguan penglihatan anak bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti kebiasaan, kelainan bawaan, dan genetik. 

Kebiasaan sehari-hari terlihat dengan dengan kebiasaan menggunakan gadget, terlebih saat pandemi seperti saat ini. 

Menurut Dokter Spesialis Mata (Konsultan) Rumah Sakit Nasional Diponegoro dr Arnila Novitasari Saubig, penglihatan jauh dan dekat pada anak seharusnya seimbang. 

Karenanya, guru dan orang tua perlu memberikan pemahaman tentang batasan waktu menggunakan gadget pada anak. 

Baca Juga: Kisah Perang Jawa yang dipimpin Pangeran Diponegoro melawan penjajahan Belanda

Durasi penggunaan gadget pada anak

Agar terhindar dari gangguan kesehatan penglihatan, orang tua perlu menerapkan berbagai batasan. Menurut dr Arnila, durasi penggunaan gawai yang berbeda tergantung dari usia anak. 

Usia anak di bawah 3 tahun tidak dianjurkan menggunakan gadget. Namun, saat ini banyak anak-anak usia 3-4 tahun yang sudah mengikuti pembelajaran prasekolah. Hanya, penggunaan gadget dibatasi hingga 30-45 menit saja. 

Untuk anak-anak usia TK maksimal menggunakan ponsel atau gawai lainnya adalah 60-90 menit. Sedangkan anak usia SD selama 3-4 jam. 

"Jadwal anak-anak sekolah secara online saat ini sekitar 2 jam, ada jeda istirahat setengah jam, itu sudah cukup baik," kata dr Arnila.

Dan sisanya apakah boleh mainan gadget full? Sebaiknya kita batasi, mereka bisa beralih menonton TV atau bila ingin nonton YouTube dapat dipindahkan ke layar televisi yang lebih lebar,” ujar dia.

Dr Arnila menambahkan, sebaiknya anak-anak menggunakan komputer atau laptop saat belajar online. Sebab, jarak gawai dan mata cukup jauh yaitu 30-50 cm. Jarak tersebut bisa mengurangi kelelahan pada otot mata dan mencegah penggunaan kacamata. 

"Sedangkan bagi anak-anak yang sudah berkacamata akan menjaga agar progresifitas tidak cepat. Ketika melihat dekat secara terus menerus apalagi dalam jangka waktu yang lama, otot-otot di mata bekerjanya kontraksi, ketika kita melihat jauh otot-otot tersebut berelaksasi” jelasnya.

Baca Juga: No 1 bukan ITB atau UGM, ini 25 Universitas terbaik Indonesia 2021 versi Webometrics

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru