Berikut 3 cara mengatasi rambut rontok akibat infeksi virus corona

Senin, 14 Juni 2021 | 22:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Berikut 3 cara mengatasi rambut rontok akibat infeksi virus corona

KONTAN.CO.ID - Selain menyebabkan masalah pada sistem pernapasan, infeksi virus corona juga menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Salah satunya adalah rambut rontok. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara.

Umumnya, seseorang mengalami rambut rontok sebanyak 50 hingga 100 helai. Namun, jumlah itu bisa bertambah jauh lebih banyak saat tubuh terinfeksi virus corona.

Laman Only My Health menyebutkan, kondisi rambut rontok itu disebut dengan istilah telogen effluvium.

Sebenarnya, telogen effluvium bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, beberapa bahan alami ini mampu mengatasi rambut rontok secara efektif.

Sebelum rutin menggunakan cara-cara ini, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping yang tak Anda inginkan.

Konsumsi bayam

Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok akibat infeksi virus corona adalah mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti bayam.

Selain mengandung zat besi, masih banyak nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam bayam. Misalnya, zinc dan protein.

Baca Juga: Cari cara menebalkan rambut? Pakai 5 bahan alami ini

Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi lain, misalnya makanan yang mengandung vitamin C.

Hindari mengonsumsi makanan kaya zat besi dengan makananan yang mengandung kalsium, ya. Jenis makanan itu justru menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Gunakan minyak kelapa

Mengutip dari Only My Health, rambut rontok akibat infeksi Covid-19 bisa Anda atasi dengan rutin memijat kepala. Pertama-tama, campur minyak kelapa secukupnya dengan 2 sdm ekstrak bawang merah.

Pijatkan campuran itu pada kulit kepala sebanyak satu kali dalam seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: Ini 4 cara mengatasi rambut rontok, efektif dan patut dicoba

Konsumsi biji labu

Salah satu cara mengatasi rambut rontok akibat infeksi Virus Corona adalah dengan mengonsumsi biji labu.

Bahan alami selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok akibat Covid-19 adalah biji labu. Jenis bahan alami itu mengandung banyak zinc sehingga efektif menguatkan folikel rambut.

Untuk menghindari rambut rontok yang lebih parah, cobalah untuk mengonsumsi 1-2 sdm biji labu setiap hari.

Selanjutnya: Seberapa lama tubuh Anda kebal terhadap infeksi Covid-19?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru