Cara agar bisa makan banyak tanpa takut gendut

Minggu, 25 Juli 2021 | 15:00 WIB   Reporter: Raissa Yulianti
Cara agar bisa makan banyak tanpa takut gendut


MAKANAN SEHAT - Sebagian wanita memiliki impian untuk punya badan yang ideal meski makan terus. Mungkin ‘sebagian wanita’ yang dimaksud termasuk juga anda? Jika jawabannya adalah ‘iya’, maka anda harus simak hal yang berikut ini.

Anda tetap bisa memakan berbagai jenis makanan tanpa harus takut menambah berat badan. Bagaimana caranya? Berikut MomsMoney rangkum dari Olive Magazine, The Spruce Eats, Healthline

Cari Pengganti Nasi Putih

Anda tetap bisa mengonsumsi karbohidrat dengan syarat: cari pengganti nasi putih.

dietBaca Juga: Cek beberapa Jenis makanan yang cocok untuk diet sehat

Ada banyak jenis karbohidrat yang tentunya lebih mengenyangkan dan memiliki kandungan gula yang jauh lebih rendah dibandingkan nasi putih. Anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi kentang, pasta, ubi, roti gandum, ataupun singkong.

Jika anda tidak bisa jauh-jauh dari nasi, maka anda bisa mengonsumsi beras merah. Beras merah memang tidak sepulen beras putih, namun rasanya tetap enak dan tentunya jauh lebih sehat untuk dikonsumsi.

Jadi anda tidak perlu khawatir jika anda makan karbohidrat terlalu banyak, selama yang anda konsumsi bukanlah nasi putih.

Kurangi Berbagai Jenis Cocolan

Orang Indonesia memang tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya saus cocolan. Apapun makanannya, anda terbiasa makan bersama saus cabai, saus tomat, sambal, saus kacang, ataupun mayones.

Baca Juga: 4 Manfaat buah naga ini berguna untuk kesehatan Anda

Mengutip dari Healthline, 1 sendok makan mayones memiliki kandungan setara 57 kalori.

Tanpa anda sadari, berbagai jenis saus dan sambal yang ukurannya mini nyatanya memiliki kalori yang bisa membuat lemak pada tubuh anda menumpuk.

Kurangi Penggunaan Minyak untuk Menggoreng

Jika anda penggemar makanan berbahan dasar tepung, mungkin cukup sulit bagi anda untuk mengurangi minyak. Namun, dikutip dari Olive Magazine, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan minyak goreng pada takaran yang lebih kecil.

Alih-alih mengukur minyak goreng menggunakan sendok makan, mulai sekarang biasakan untuk mengukur penggunaan minyak goreng berdasarkan sendok teh. Dengan cara ini, anda bisa sedikit demi sedikit mengurangi konsumsi minyak.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah menggoreng dengan wajan anti lengket. Dengan wajan anti lengket, anda bisa mengurangi penggunaan minyak goreng. Saat menumis bawang pun anda bisa menggantinya dengan air daripada minyak. Air memiliki fungsi yang sama untuk melunakkan bawang, seperti halnya minyak.

Pilih Metode Memasak yang Tepat

Saat menumis dan menggoreng sesuatu, bahan wajib yang selalu anda pakai adalah minyak goreng. Mulai sekarang, gantilah metode memasak dari menumis & menggoreng dengan metode memasak lainnya.

Dilansir dari The Spruce Eats, anda bisa memasak makanan menggonakan metode panggang ataupun mengukus. Rasanya mungkin sedikit berbeda, namun anda bisa tetap makan banyak karena kalori yang dihasilkan berbeda.

Anda tetap akan bisa merasakan kelezatan ayam dengan cara dipanggang ataupun dikukus alih-alih digoreng. Jauh lebih sehat dan tetap sama enaknya.

Selain dengan cara tadi, berolahraga tetaplah yang utama. Namun setidaknya, hal-hal kecil seperti yang ada di atas bisa anda lakukan untuk mengurangi kalori agar bisa makan banyak.

Selanjutnya: Promo Dominos Pizza Hari Ini 22 Juli 2021, 4 Pizza Mania Hanya 55 Ribu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru