Cara belajar yang efektif ini bisa bantu memahami materi belajar, patut dicoba siswa

Senin, 27 September 2021 | 16:06 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara belajar yang efektif ini bisa bantu memahami materi belajar, patut dicoba siswa

ILUSTRASI. Cara belajar yang efektif ini bisa bantu memahami materi belajar, patut dicoba siswa. KONTAN/BAihaki/4/7/2021

KONTAN.CO.ID -  Jakarta. Cara belajar seseorang sedikit banyak mempengaruhi seberapa banyak materi yang dipahami. Dengan menerapkan cara belajar efektif, materi yang dipelajari akan lebih mudah dipahami. 

Belajar sudah menjadi hal mendasar yang dilakukan oleh manusia. Tanpa belajar, seseorang akan kesulitan untuk beradaptasi dengan ilmu-ilmu yang terus berkembang.

Sayangnya banyak orang belajar hanya jika ada tugas atau ujian. Cara belajar ini tidak efektif karena materi yang dipelajari justru tidak bisa tersimpan baik di otak. 

Sistem kebut semalam atau kita biasa menyebutnya SKS, sering dipakai banyak orang. Mereka beranggapan belajar sehari atau semalaman sebelum ujian bisa lebih efektif.

Baca Juga: Jangan sampai salah, ini tips jitu menenangkan bayi yang terus menangis

Padahal metode ini membebani otak karena mempelajari banyak materi sekaligus. Sebaliknya materi yang dipelajari sama sekali tidak tersimpan di dalam orak.

Agar belajar tidak sia-sia, penting bagi Anda untuk mencari cara yang efektif. Bersumber dari Oxford Learning dan The Best Colleges, berikut cara belajar yang efektif. 

  • Mengerjakan tugas sesegera mungkin

Jika Anda mendapatkan tugas atau PR, segera kerjakan. Jangan menunda tugas tersebut hingga deadline tiba. 

Setelah pembelajaran biasanya guru atau dosen akan memberikan tugas yang berkaitan. Mumpung materi masih fresh, Anda bisa segera mengerjakan tugas. 

Cara ini bisa membuat tugas Anda lebih cepat selesai. Setelah tugas atau PR dikerjakan, Anda memiliki waktu lebih untuk belajar materi lain.

  • Belajar sesuai kemampuan

Sering kali pelajar belajar hingga larut malam. Mereka beranggapan dengan belajar lama bisa lebih paham. Hasilnya justru kebalikannya. Banyak materi yang tidak "masuk" karena otak sudah lelah.

Cara belajar yang efektif adalah belajar rutin tapi dengan durasi yang pendek bukan belajar dalam sehari dalam waktu yang lama.

Otak manusia memiliki kapasitas menangkap informasi. Jika sudah lelah, otak tidak mampu menangkap materi. 

Belajar setiap hari dengan durasi yang pendek bisa membantu dalam belajar. mengulang pembelajaran juga membuat otak lebih mudah menyimpan materi tersebut.

Baca Juga: Lulusan 8 kampus ini cepat dapat kerja versi QS WUR 2022, no 1 bukan UGM dan ITB

  • Jangan belajar banyak pelajaran dalam satu waktu

Multitasking bukan cara belajar yang efektif. Dengan belajar beberapa subjek secara bersamaan justru memecah konsentrasi. 

Anda tidak bisa fokus memahami satu materi karena otak dipaksa memahami banyak hal sekaligus. Lebih baik belajar satu atau dua subjek saja. 

Dengan begitu otak bisa lebih fokus mencerna dan memahami materi pembelajaran. Setelah selesai satu materi, baru Anda pindah belajar materi yang lain. 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru