Cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan 6 bahan alami

Selasa, 17 Agustus 2021 | 08:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan 6 bahan alami

ILUSTRASI. Cara mengatasi bibir pecah-pecah dapat Anda lakukan dengan memakai bahan alami.


KECANTIKAN - JAKARTA. Bibir pecah-pecah terjadi karena kondisi kulit yang kering. Cara mengatasi bibir pecah-pecah yang perlu Anda lakukan tentu saja dengan minum banyak air putih. Selain itu, memanfaatkan bahan alami juga bisa Anda jadikan pilihan.

Kondisi kulit bibir yang kering bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Mulai dari cuaca, paparan sinar matahari atau angin, merokok, terlalu sering membasahi bibir dengan air ludah, jenis obat tertentu, dan lain sebagainya.

Sebelum memakai bahan-bahan alami berikut ini secara rutin, Anda perlu melakukan uji coba dulu. Segera hentikan pemakaian jika muncul reaksi alergi. Apabila tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian denga teratur.

Timun

Stylecraze (stylecraze.com) merekomendasikan timun sebagai cara mengatasi bibir pecah-pecah yang perlu Anda lakukan. Selain menghidrasi kulit, kandungan dalam timun juga mampu melembutkan kulit. Anda hanya perlu menggosokkan timun pada bibir secara perlahan, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Tips untuk Membuat Tampilan Lipstick Lebih Tahan Lama

Gula, Minyak Zaitun, dan Madu

Bibir kering dan pecah-pecah memiliki sel kulit mati yang menumpuk sehingga harus dibersihkan. Untuk melakukan hal itu, Anda bisa memanfaatkan gula, minyak zaitun, dan madu. Kombinasi bahan alami itu mampu mengangkat sel kulit mati sehingga bibir menjadi lebih lembut.

Pertama, campur 1 sdt gula, ½ sdt madu, dan beberapa tetes minyak zaitun. Setelah teraduk rata, gosokkan di bibir dengan gerakan memutar lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukannya setiap dua hari sekali hingga sel kulit mati di bibir terangkat.

Lidah Buaya

Salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah adalah memakai lidah buaya.

Bahan alami lainnya yang direkomendasikan Stylecraze untuk mengatasi bibir pecah-pecah adalah lidah buaya. Selain membersihkan sel kulit mati, bahan alami itu juga memberikan efek dingin sehingga baik untuk kondisi bibir yang kering. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bibir lalu biarkan semalaman.

Baca Juga: 4 Cara Scrub Bibir yang Baik dan Benar

Teh Hijau

Cara mengatasi bibir pecah-pecah berikutnya yang layak Anda coba adalah dengan memanfaatkan teh hijau. Polifenol, antioksidan, antiinflamasi, dan kandungan lain dalam teh hijau mampu mengatasi iritasi yang mungkin terjadi akibat bibir kering.

Anda perlu merendam kantung teh hijau dalam air panas selama beberapa menit terlebih dahulu. Setelah itu, tempatkan kantung teh hijau di atas bibir selama beberapa saat. Anda bisa melakukan cara tersebut setiap hari untuk mendapat hasil maksimal.

Selanjutnya: 5 Cara mengatasi bibir kering, tak perlu bingung mudah Anda praktikkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru