Cara mengatasi kram perut saat haid dengan bahan herbal

Kamis, 30 September 2021 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengatasi kram perut saat haid dengan bahan herbal


Tips & Trik - JAKARTA. Haid atau datang bulan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satunya adalah kram perut. Lalu bagaimana cara mengatasi kram perut saat haid?

Cara mengatasi kram perut saat haid bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan herbal. Berikut bahan herbal yang bermanfaat untuk mengatasi kram perut saat haid.

Manfaatkan Kayu Manis

Mengutip On Health (onhealth.com), mereka yang mengonsumsi 420 mg kayu manis tiga kali sehari selama tiga hari pertama menstruasi mengalami rasa sakit yang lebih sedikit. Anda mengonsumsi kayu manis dalam bentuk suplemen atau mencampurnya dengan makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Baca Juga: 11 Manfaat jahe untuk kesehatan, bisa bantu redakan nyeri haid

Teh Kamomil

Penggemar teh bisa berbahagia karena minum teh kamomil termasuk salah satu cara mengatasi kram perut saat haid. Antiinflamasi yang terdapat dalam jenis teh itu mampu mengontrol prostaglandin, salah satu faktor yang menyebabkan kram perut.

Gunakan Kunyit

Kunyit adalah bahan alami berikutnya yang bisa Anda gunakan secara mudah. Selain mengurangi rasa sakit akibat haid, masih banyak manfaat kunyit lainnya yang bisa Anda dapatkan. Misalnya, mood atau perasaan selama haid menjadi lebih baik dan kondisi sistem pencernaan bisa tetap terjaga.

Konsumsi Jahe

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi jahe bisa jadi salah satu cara mengatasi kram perut saat haid. Sama seperti kayu manis, bahan alami itu mampu meredakan berbagai macam gejala haid. Anda tak perlu khawatir karena risiko efek samping jahe cenderung rendah.

Baca Juga: Dari bahan-bahan alami, coba 5 obat pelancar haid ini

Pakai Kompres Hangat

Cara lain yang mudah dilakukan untuk mengatasi kram perut adalah memakai kompres hangat. On Health mengatakan bahwa Anda bisa menggunakan heating pad yang dijual di pasaran atau memanfaatkan botol berisi air hangat. Balut botol itu dengan handuk lalu gunakan di bagian perut Anda.

Apabila cara-cara tersebut tak cukup membantu dan kram perut semakin terasa, segera periksa ke dokter, ya. Kram perut yang terjadi secara berlebihan biasanya menandakan adanya masalah sistem reproduksi yang lebih serius.

Selanjutnya: Cegah kanker, berikut 6 manfaat kunyit putih untuk Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru