Cara mengecilkan perut buncit untuk pria dan wanita

Senin, 31 Mei 2021 | 15:25 WIB   Reporter: kompas.com
Cara mengecilkan perut buncit untuk pria dan wanita


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada beragam obat dan jamu untuk mengecilkan perut buncit. Sebenarnya, tanpa menggunakan obat, ada cara mengecilkan perut untuk pria dan wanita secara mudah.

Namun, cara mengecilkan perut buncit untuk pria dan wanita ini harus dijalankan secara disiplin. Bersamaan itu, saat menjalankan cara mengecilkan perut buncit, kita juga harus menghindari penyebab perut buncit.

Memiliki perut buncit memang dikeluhkan banyak orang. Selain mengganggu ruang gerak, perut buncit juga bisa mengganggu penampilan. Pada dasarnya, perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi di perut.

Mengutip studi berjudul “Ratio of visceral-to-subcutaneous fat area predicts cardiovascular events in patients with type 2 diabetes”, lemak perut adalah jenis lemak yang sangat berbahaya. Selain itu, lemak perut berhubungan kuat dengan penyakit berbahaya, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, mengecilkan perut buncit dan menghilangkan lemak di perut sangat penting bagi kesehatan. Bagi pria, ukuran normal lingkar perut adalah 102 cm dan bagi wanita 88 cm.

Apabila melebihi angka tersebut, bisa dikatakan sebagai obesitas abdominal, yakni obesitas karena kelebihan lemak di perut atau secara umum disebut sebagai perut buncit. Apa penyebab peruti buncit? Bagaimana cara mengecilkan perut buncit?

Baca juga: Cara mudah menurunkan berat badan sampai 27 kg ala artis Rebel Wilson

Cara mudah mengecilkan perut buncit

Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengecilkan perut buncit yang bisa dilakukan di rumah.

  • Hindari konsumsi minuman dan makanan manis

Cara pertama untuk mengecilkan perut buncit adalah menghindari konsumsi minuman dan makanan manis. Makanan dan minuman dengan tambahan gula memang buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan jenis ini bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Sebuah studi berjudul “Fructose and Sugar: A Major Mediator of Nonalcoholic Fatty Liver Disease” menunjukkan bahwa tambahan gula memiliki efek berbahaya bagi kesehatan metabolik.

Selain itu, penelitian lain berjudul “Consuming fructose-sweetened, not glucose-sweetened, beverages increases visceral adiposity and lipids and decreases insulin sensitivity in overweight/obese humans” menunjukkan bahwa kelebihan gula dapat menyebabkan perut buncit. Oleh karena itu, diperlukan kontrol asupan gula harian.

Salah satunya, hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan tinggi, seperti minuman penambah stamina, sirup, soda, kue, dan lain sebagainya.

  • Konsumsi lebih banyak protein

Cara lain untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan konsumsi lebih banyak protein. Protein merupakan makronutrien penting untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian berjudul “The Effects of Consuming Frequent, Higher Protein Meals on Appetite and Satiety During Weight Loss in Overweight/Obese Men” menunjukkan bahwa protein dapat menekan keinginan untuk makan hingga 60 persen.

Selain itu, konsumsi protein juga meningkatkan metabolisme hingga 80 - 100 kalori per hari dan membantu meengurangi asupan kalori harian hingga 441. Coba tingkatkan asupan makanan berprotein tinggi seperti telur utuh, ikan, polong-polongan, kacang-kacangan, daging, dan produk susu. Produk-produk tersebut merupakan sumber protein terbaik untuk diet.

Simak cara mengecilkan perut buncit di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru