Cara Menurunkankan Demam Anak Secara Alami, Catat Baik-Baik, ya!

Minggu, 26 Desember 2021 | 14:00 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Cara Menurunkankan Demam Anak Secara Alami, Catat Baik-Baik, ya!


KESEHATAN - Cara menurunkan panas pada anak adalah sebuah hal yang patut orang tua ketahui. Jangan sampai panik ketika tubuh Anak tiba-tiba demam.

Dilansir dari Mayo Clinic, demam adalah sebuah kondisi di mana suhu tubuh naik menjadi di atas suhu normal umumnya, yaitu sekitar 37 derajat Celcius.

Meskipun demam bisa turun dengan sendirinya, namun alangkah baiknya jika Anda mempelajari cara menurunkan demam anak secara alami agar dapat melakukan pengobatan lebih cepat sebelum pergi ke dokter. 

Berikut berbagai macam cara menurunkan demam pada anak secara alami yang bisa Anda praktikkan di rumah.

1. Mandi dengan air hangat

Cara menurunkan demam pada anak secara alami yang pertama adalah dengan memandikannya. Memandikan anak dengan air hangat bisa membantu menurunkan panasnya. 

Jangan gunakan air dingin karena tubuh anak bisa kedinginan dan suhu tubuh meningkat. Segera keringkan tubuhnya setelah selesai mandi agar anak tidak kedinginan.

Anda juga bisa menambahkan minyak esensial dan garam epsom dalam air hangat guna membuat tubuh anak rileks dan nyaman. 

2. Mengonsumsi buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan bisa diterapkan sebagai cara menurunkan demam anak yang alami. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah suhu panas yang menyerang Anak .

Jika suhunya berada di atas 38 derajat celcius dan berlangsung selama beberapa hari maka ada baiknya untuk segera dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Akan tetapi, jika demam yang menyerang anak dirasa cukup ringan maka, Anda dapat memberikan buh-buahan sebagai cara menurunkan demam anak secara alami. 

Buah-buahan tersebut adalah apel, jeruk, semangka, anggur, atau pisang. 

Baca Juga: Promo KFC Spesial Natal 25-26 Desember 2021, Smart Family Deals Rp 107.000

3. Kompres dengan air hangat

Salah satu cara menurunkan demam anak secara alami lainnya adalah dengan mengompres dahi. Cara ini cukup lazim dilakukan oleh banyak orang tua di rumah.  

Orang tua bisa menempelkan kompres hangat, bukan kompres dingin. Menurut para dokter dan tenaga kesehatan, kompres hangat lebih manjur dalam menurunkan panas.

Pasalnya, kain hangat mampu melebarkan pembuluh darah dan pori-pori di kulit anak. Dengan begitu, panas di dalam tubuhnya dapat menguap lebih cepat.

4. Membalur tubuh anak dengan minyak kayu putih

Cara menurunkan demam anak secara alami berikutnya adalah membalur tubuhnya dengan minyak kayu putih. Campur minyak kayu putih dengan sedikit parutan bawang merah dan seiris jeruk nipis.

Apabila aroma minyak kayu putih terlalu keras, Anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Usapkan secara merata sambil memijat pelan tubuh Anak  sampai ia merasa nyaman.

Itulah berbagai obat alami untuk menurunkan demam anak. Upaya-upaya menurunkan panas karena demam secara alami sebaiknya dilakukan jika demam yang terjadi merupakan demam yang ringan.

Namun, apabila yang dialami adalah demam berat dan berlangsung lama, sebaiknya periksakan anak Anda ke dokter.

Panas yang tak kunjung menurun dan berlangsung lama dapat berakibat buruk jika tak mendapat penanganan yang tepat. Dokter akan meresepkan obat demam untuk anak agar kondisinya segera pulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru