Catat, ini efek samping kunyit plus cara menghindarinya

Jumat, 10 Desember 2021 | 13:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, ini efek samping kunyit plus cara menghindarinya


KESEHATAN - Ada banyak manfaat kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakannya secara sembarangan, ya. Efek samping kunyit tetap perlu Anda waspadai supaya kesehatan Anda tak terganggu.

Mengutip dari Drugs.com, kandungan dalam kunyit mampu menurunkan jumlah kolesterol, mengurangi gatal akibat penyakit ginjal kronis, dan mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak penyakit yang bisa diatasi dengan kunyit.

Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat tersebut. Untuk mendapat manfaat kunyit tersebut, Anda bisa mengonsumsi kunyit secara langsung atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kunyit. Apalagi, jika Anda sedang mengonsumsi beberapa jenis obat. Beberapa jenis obat yang Drugs.com sebutkan adalah obat depresi, obat asma, obat diabetes, obat sakit kepala, dan obat hipertensi.

Baca Juga: Mangga tidak baik dikonsumsi penderita diabetes, benarkah?

Efek samping kunyit

Memperhatikan efek samping kunyit penting untuk Anda lakukan.

Jangan ragu untuk berbicara ke dokter apabila Anda ingin mengonsumsi kunyit secara rutin. Khususnya, jika ada beberapa jenis penyakit yang Anda alami. Mulai dari diabetes, kanker payudara, hingga tubuh kekurangan zat besi.

Apabila Anda sudah mendapat izin dokter untuk mengonsumsi suplemen kunyit, jangan lupa untuk mengikuti saran pemakaian atau dosis yang sudah ditetapkan dokter. Mengonsumsi suplemen kunyit tanpa arahan dokter dapat memicu berbagai macam efek samping.

Mulai dari memar, pendarahan yang tidak berhenti, jumlah gula darah meningkat, diare, mual, hingga muntah. Jika muncul reaksi alergi, seperti muncul ruam atau Anda mengalami sesak napas, segera hubungi tenaga kesehatan supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Kenali manfaat dan efek samping jeroan untuk kesehatan

Cara menghindari efek samping kunyit

Tidak hanya mengikuti saran dokter, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya terhindar dari efek samping mengonsumsi kunyit. Pertama, konsumsi kunyit berpengaruh pada kemampuan tubuh menyerap zat besi. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi suplemen penambah zat besi.

Kedua, hindari konsumsi suplemen kunyit saat Anda mengonsumsi suplemen herbal yang berpengaruh pada penggumpalan darah. Ketiga, usahakan untuk tidak mengonsumsi suplemen kunyit saat Anda mengonsumsi suplemen penurun gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru