Daftar bahan herbal untuk obat batu ginjal

Sabtu, 12 Juni 2021 | 15:20 WIB Sumber: Kompas.com
Daftar bahan herbal untuk obat batu ginjal


KESEHATAN - Jakarta. Operasi dan konsumsi obat adalah cara untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal. Selain itu, sejumlah bahan herbal bisa menjadi obat untuk mempercepat penyembuhan penyakit batu ginjal.

Penyakit batu ginjal yang belum parah bisa disembuhkan dengan minum obat. Selain itu, ada bahan alami yang bisa menjadi obat batu ginjal.

Batu ginjal adalah endapan keras menyerupai batu yang terbentuk dari zat tertentu di dalam ginjal. Merangkum WebMD, kebanyakan batu ginjal terbentuk dari kelebihan kalsium oksalat dalam urine. Sementara batu ginjal lainnya terbentuk dari struvite, asam urat, atau sistin.

Batu ginjal bisa berpindah dari organ ginjal melalui saluran kemih. Batu-batu ginjal kecil mungkin dapat melewati tubuh dan keluar melalui urine dengan sedikit atau tanpa rasa sakit. Sedangkan batu ginjal yang berukuran lebih besar bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa

Batu-batu yang lebih besar bahkan dapat bersarang di saluran kemih. Kondisi ini pada gilirannya bisa menghalangi aliran urine dan menyebabkan infeksi atau pendarahan.

Cara mengobati batu ginjal secara alami

Tetap terhidrasi adalah kunci dari cara membantu mengobati batu ginjal. Minum banyak cairan merupakan bagian penting untuk mengeluarkan batu ginjal dan mencegah pembentukan batu baru.

Cairan ini bukan hanya bermanfaat mengeluarkan racun, tetapi juga bisa membantu memindahkan batu melalui saluran kemih Anda. Meskipun air saja mungkin cukup untuk melakukanya, menambahkan bahan-bahan tertentu mungkin bisa menjadi semakin berkhasiat.

Ada beragam bahan makanan yang memang bisa dijadikan sebagai obat batu ginjal alami. Namun, sebaiknya penderita batu ginjal dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai pengobatan rumahan.

Baca juga: Waspada, berikut 5 tanda awal penyakit ginjal

Dokter dapat menilai apakah perawatan di rumah tepat untuk si pasien atau malah hal itu dapat menyebabkan komplikasi tambahan. Sebagai informasi, berikut ini adalah bahan herbal untuk obat penyakit batu ginjal:

1. Sari lemon

Bahan herbal obat batu ginjal yang pertama adalah sari lemon. Perasan air lemon mengandung sitrat yang dapat mencegah terbentuknya batu ginjal jenis kalsium. Sitrat juga dapat memecah batu-batu kecil, yang memungkinkannya untuk keluar dengan lebih mudah bersama urine.

Untuk memanfaatkan sari lemon sebagai cara mengobat batu ginjal, Anda dapat menambahkannya ke dalam air putih sesering yang Anda suka. Selain dapat membantu mencegah dan melancarkan pengeluaran batu ginjal, sari lemon baik dikonsumsi karena punya manfaat lainnya. Misalnya, sari lemon telah dilaporkan dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan menyediakan vitamin C.

2. Daun basil

Bahan herbal obat batu ginjal yang kedua adalah jus daun basil. Daun basil dilaporkan mengandung asam asetat yang dapat membantu memecah batu ginjal dan mengurangi rasa sakit. Ini juga penuh nutrisi.

Obat batu ginjal ini telah digunakan secara tradisional untuk gangguan pencernaan dan peradangan. Ada antioksidan dan agen antiinflamasi dalam jus basil dan dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Gunakan daun basil segar atau kering untuk membuat teh dan minum beberapa cangkir per hari. Anda juga bisa membuat jus daun basil segar dengan juicer atau menambahkannya ke smoothie.

Untuk dipehatikan, meski daun basil berkhasiat, Anda tidak boleh menggunakan bahan ini selama lebih dari 6 minggu pada suatu waktu. Penggunaan daun basil yang berkepanjangan dilaporkan dapat menyebabkan:

  • Gula darah rendah
  • Tekanan darah rendah
  • Peningkatan perdarahan

Baca juga: Kenali 5 gejala gagal ginjal stadium awal, semakin cepat diobati semakin mudah sembuh

Editor: Adi Wikanto

Terbaru