Ini 5 manfaat pisang yang tidak diketahui banyak orang

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 manfaat pisang yang tidak diketahui banyak orang

ILUSTRASI. Manfaat pisang berasal dari berbagai jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya.


KESEHATAN - JAKARTA. Selain memiliki rasa yang lezat, buah pisang juga memiliki segudang manfaat, lo. Manfaat pisang berasal dari banyaknya nutrisi yang ada dalam buah tersebut. Cara menikmati buah itu pun beragam. Anda bisa mengonsumsinya langsung, mengolahnya jadi smoothie, dan lain-lain.

Jika dibandingkan dengan apel, buah pisang memiliki vitamin A dan zat besi lima kali lebih besar. Everyday Health (everydayhealth.com) menambahkan bahwa pisang juga kaya akan kalium, serat, fosfor, gula alami, dan lain sebagainya.

Karena kandungan itu, pisang cocok dimasukkan dalam menu sehat setiap hari. Meski manfaat-manfaat di bawah ini bisa Anda dapat dengan mudah, tak ada salahnya untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang telah disebutkan, pisang dipenuhi dengan kalium. Nah, nutrisi itu mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Akibatnya, tekanan darah dan jumlah air dalam tubuh dapat terjaga. Dengan begitu, kondisi jantung bisa tetap sehat.

Baca Juga: Begini cara konsumsi pisang yang aman untuk penderita diabetes

Meredakan Nyeri Haid

Manfaat pisang bisa meredakan nyeri haid.

Bagi wanita, nyeri haid adalah salah satu kondisi yang cukup sering terjadi. Jika Anda salah satu orang yang mengalami kondisi itu, cobalah untuk rutin mengonsumsi pisang. Melansir Everyday Health, vitamin B6 dalam buah pisang mampu meredakan PMS. Artinya, nyeri haid dan kondisi lain dapat teratasi dengan baik.

Mengobati Kulit Gatal

Manfaat pisang selanjutnya adalah dapat Anda jadikan obat gatal. Misalnya, rasa gatal yang muncul karena gigitan nyamuk atau jenis serangga yang lain. caranya, gosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit yang gatal. Namun, hentikan pemakaian bila muncul reaksi alergi yang lain.

Baca Juga: 6 Buah ini dapat mengendalikan asam lambung agar tidak parah

Meredakan Mual

Manfaat pisang adalah meredakan mual atau morning sickness.

Mual atau morning sickness yang dialami oleh ibu hamil dapat diredakan dengan pisang, lo. Manfaat pisang itu berasal dari kandungan vitamin B6. Jika Anda merasa kesulitan untuk langsung menghabiskan satu buah pisang, tak ada salahnya untuk membagi satu buah pisang menjadi beberapa bagian.

Menambah Energi

Apakah Anda sedang membutuhkan tambahan energi? Jika iya, cobalah untuk makan pisang. Mengonsumsi dua buah pisang memberikan energi yang cukup untuk Anda melakukan olahraga selama 60 menit.

Selanjutnya: 6 Makanan ini bisa Anda pakai sebagai obat asam lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru