Inilah 4 pertimbangan memilih makanan kucing terbaik

Jumat, 23 April 2021 | 12:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 pertimbangan memilih makanan kucing terbaik

ILUSTRASI. Aktivitas kucing termasuk salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih makanan kucing.


HEWAN PELIHARAAN - Sama seperti manusia, kucing membutuhkan makanan yang sesuai supaya kondisi kesehatannya terjaga. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memilih makanan kucing, cobalah untuk mengikuti tips berikut ini.

Biasanya, makanan untuk kucing dengan kualitas tinggi memiliki harga yang mahal. Laman Pet Helpful menyebutkan, harga mahal itu sesuai dengan kualitas bahan dasar dan nutrisi yang terkandung dalam makanan untuk kucing.

Meski demikian, masih banyak makanan berkualitas baik yang bisa disesuaikan dengan anggaran Anda. Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah membaca label kemasan dan menyesuaikan dengan kondisi kucing Anda.

Aktivitas kucing

Salah satu tips menentukan makanan apa yang cocok untuk kucing peliharaan Anda adalah dengan memerhatikan aktivitas kucing. Hal itu bertujuan supaya kucing mendapat nutrisi yang pas sehingga kondisi tubuhnya tak terganggu.

Untuk kucing yang aktif, makanan reguler sudah mencukupi nutrisinya. Namun, jika kucing tidak terlalu aktif dan sering berada di rumah, cobalah untuk memberikan makanan dengan indoor formula.

Jenis makanan kucing itu biasanya memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit sehingga kucing tak mengalami obesitas.

Baca Juga: Mau pelihara kucing, ini hal-hal yang tidak disukai kucing

Bahan dasar makanan

Membaca label kemasan adalah hal penting dalam menentukan makanan mana yang akan Anda beri ke kucing. Makanan untuk kucing yang bagus biasanya terbuat dari daging, nasi, telur, serat, dan tidak mengandung pemanis buatan.

Pet Helpful mengingatkan Anda untuk menghindari beberapa bahan yang berbahaya untuk kesehatan kucing. Misalnya, lemak daging sapi, jagung, dan pewarna buatan. Hindari pula makanan yang tidak mengandung daging asli sama sekali.

Usia kucing

Memilih makanan kucing juga perlu memerhatikan usia kucing peliharaan. Untuk anak kucing berusia kurang dari satu tahun, berikan makanan dengan kitten formula.

Sedangkan kucing berusia satu hingga tujuh tahun perlu mengonsumsi adult cat formula. Untuk kucing yang berusia lebih dari tujuh tahun, berikan makanan dengan label senior formula.

Namun, dokter hewan bisa memberikan saran makanan yang berbeda sesuai dengan kondisi kucing. Maka dari itu, Anda perlu memeriksakan kucing secara rutin.

Baca Juga: Kucing tidak suka suhu dingin dan bau menyengat, ini beberapa hal lain yang dibenci

Kondisi kesehatan kucing

Kondisi kesehatan jadi pertimbangan lain dalam memilih makanan kucing yang tepat.

Ada banyak masalah kesehatan yang bisa dialami kucing. Mulai dari alergi, sakit perut, masalah pada saluran kencing, dan lain sebagainya.

Hal itu bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih makanan mana yang sebaiknya Anda berikan.

Selanjutnya: Bingung cara mengurusi anak kucing yang masih kecil? Simak beberapa tips ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru