Kiat agar tetap produktif meski bekerja dari rumau

Kamis, 11 Maret 2021 | 18:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Kiat agar tetap produktif meski bekerja dari rumau


VIRUS CORONA - Hampir setahun sebagian pekerja di Indonesia menjalani sistem kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) karena pandemi virus corona. 

Meski tengah WFH tetapi produktivitas harus tetap terjaga. 

Ada beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas agar hasil kerja maksimal, dari menyiapkan ruang kerja yang baik hingga cara berkomunikasi dengan teman kantor.  

5 Tips produktif saat WFH 

Dikutip dari BBC, berikut 6 tips WFH:

1. Siapkan diri memulai hari untuk WFH

Sebisa mungkin jangan gunakan piyama atau baju tidur untuk WFH. Namun, mandi pagi dan berpakaian yang sopan serta santai membuat kita merasa siap saat WFH. 

2. Miliki ruang kerja pribadi 

Jika Anda tidak memiliki ruang kerja di rumah, sebisa mungkin buat ruang khusus untuk pekerjaan.  Sebab, tidak memiliki ruang kerj saat bekerja jarak jauh dapat menyebabkan penurunan produktivitas. 

Jadi alih-alih berbaring di tempat tidur dengan laptop, cobalah membuat suasana yang kondusif. Cara mengatasinya bisa memindahkan meja tempat bekerja ke sudut yang jauh dari gangguan, dan menyediakan kursi, seperti yang dilakukan di meja kantor. 

Adanya ruang kerja khusus dapat membuat Anda berkonsentrasi. Ini juga berfungsi sebagai sinyal penting bagi mereka yang tinggal bersama Anda bahwa Anda sedang 'bekerja'. 

Baca Juga: Inilah pelonggaran tempat rekreasi di Jakarta selama PPKM 9-22 Maret 2021

3. Membuat batasan jam kerja

Penting juga untuk memberikan batasan jam kerja. Dalam sebuah survei, keluhan WFH yang paling banyak adalah ketidakmampuan untuk memberi batasan saat bekerja. 

Selain itu mulai dan akhiri pekerjaan dengan hal-hal yang ringan seperti kopi 20 menit di pagi hari dan kemudian berolahraga tepat setelah bekerja untuk mengawali dan menutup hari.

4. Hindari merasa terisolasi 

Adanya virus corona yang membuat tidak jelas berapa lama orang akan di rumah menimbulkan masalah tambahan.

Isolasi yang berkepanjangan juga berpotensi berdampak pada moral dan produktivitas. Selain itu, kesendirian dapat membuat orang merasa kurang termotivasi dan kurang produktif. 

Jadi, ketika Anda berkomunikasi dengan bos dan tim dari rumah, ada baiknya jika sebanyak mungkin komunikasi entah itu tatap muka atau virtual seperti panggilan video, Skype, Zoom.

5. Tetap menghidupkan komunikasi tim 

Virus corona atau bukan, kunci untuk bekerja dari rumah adalah komunikasi yang jelas dengan bos Anda dan tahu persis apa yang diharapkan dari Anda.  Selama bekerja di kantor, kebanyakan pekerja menghabiskan waktu di dekat bos mereka, artinya komunikasi itu mudah dan tanpa usaha.

Tetapi, hal itu berbeda dengan pekerjaan jarak jauh terkadang ada gangguan komunikasi karena belum terbiasa dengan komunikasi secara virtual.

Tetapi bahkan bagi mereka yang terbiasa, bekerja dari rumah bisa terasa tidak terstruktur dan terisolasi. 

Selanjutnya: PPKM mikro kembali diperpanjang 9-22 Maret, berikut aturannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru