Mudah didapat, ini 4 rekomendasi obat herbal ginjal

Kamis, 15 Juli 2021 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah didapat, ini 4 rekomendasi obat herbal ginjal


KESEHATAN - Penyakit ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang perlu Anda atasi dengan baik. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi obat herbal ginjal.

Ada beberapa jenis bahan alami di sekitar Anda yang mampu menjaga kesehatan organ ekskresi tersebut.

Melansir Healthline, biasanya penyakit ginjal dimulai dariĀ infeksi kandung kemih atau saluran kencing yang lain. Saat infeksi terjadi, ada beberapa gejala penyakit ginjal yang dapat Anda alami. Mulai demam, sakit perut, mual, hingga muntah.

Perlu diingat bahwa beberapa cara berikut bukan pengganti perawatan atau obat yang diresepkan dokter, ya. Sebelum rutin menggunakan bahan-bahan ini, cobalah untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Cuka apel

Cuka apel termasuk salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal ginjal. Alasannya karena cuka apel mengandung antibakteri sehingga bisa melawan infeksi.

Namun, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan khasiat cuka apel tersebut.

Baca Juga: Coba 6 rekomendasi obat herbal tekanan darah tinggi ini

Apel

Healthline merekomendasikan apel untuk mengobati masalah pada ginjal. Zat asam yang terkandung dalam bahan alami itu mampu membantu ginjal menjaga keasaman urin. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri dapat dicegah.

Tidak berhenti sampai di situ, apel juga memiliki kandungan antiinflamasi. Artinya, peradangan yang muncul akibat infeksi dapat teratasi pula. Anda bisa mengonsumsi apel secara langsung atau mengolahnya dulu menjadi jus.

Air putih

Jika Anda ingin mengobati masalah pada ginjal, cobalah untuk minum banyak air putih. Air putih dapat membersihkan saluran urin sehingga lebih banyak bakteri yang hilang.

Umumnya, Anda membutuhkan delapan gelas air putih per hari. Namun, jumlah itu bisa berubah tergantung kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Tidak hanya meredakan asam lambung tinggi, ini manfaat air kelapa untuk kesehatan

Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C termasuk dalam daftar obat herbal ginjal.

Makanan yang mengandung banyak vitamin C juga termasuk dalam obat herbal ginjal, lo. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga jaringan dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin, kondisi kesehatan ginjal dapat terjaga. Selain itu, vitamin C efektif pula meningkatkan enzim dalam ginjal. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C.

Jika memang dibutuhkan, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin itu dalam bentuk suplemen. Namun, pastikan untuk konsultasi dulu dengan dokter, ya.

Selanjutnya: 9 Tanaman herbal ini bisa mengobati asam urat yang mengganggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru