Mudah dilakukan, yuk coba 5 cara mengatasi insomnia ini

Jumat, 09 April 2021 | 11:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dilakukan, yuk coba 5 cara mengatasi insomnia ini

ILUSTRASI. Ada beberapa cara mengatasi insomnia, salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami.


KESEHATAN - JAKARTA. Hampir semua orang pernah mengalami insomnia, baik dalam jangka waktu lama ataupun singkat. Jika Anda salah satu orang yang mengalami hal tersebut, ada banyak cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba.

Insomnia adalah salah satu penyakit susah tidur yang dapat mengganggu kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Ada banya faktor yang bisa menyebabkan Anda sulit tidur. Mulai dari masalah kesehatan tertentu, stres, kebiasaan makan yang kurang baik, hingga pola hidup yang tidak sehat.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya masalah tersebut tak semakin parah. Namun, jika cara-cara berikut tidak memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan, segera periksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat penyelesaian yang sesuai dengan kondisi Anda.

Hindari Kafein

Mengutip dari The Art of Living (artofliving.org), menghindari kafein penting untuk dilakukan supaya penyakit susah tidur bisa teratasi dengan baik. Jika Anda mengalami insomnia yang tidak terlalu parah, hindari konsumsi kafein mendekati waktu tidur.

Bila insomnia yang Anda alami sudah parah, lebih baik untuk benar-benar menghindari kafein. Ada banyak sumber makanan dan minuman yang mengandung kafein. Mulai dari cokelat, teh, kopi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Sering terbangun di malam hari? Ini kiat simpel agar cepat tidur lagi

Konsumsi Daun Mint

Mengonsumsi daun mint termasuk salah satu cara mengatasi insomnia.

Mengonsumsi daun mint bisa jadi salah satu cara mengatasi insomnia, lo. Pertama, rebus 3 g daun mint dalam satu gelas air selama minimal 15 menit. Setelah itu, diamkan beberapa saat sampai air rebusan dingin. Anda bisa mengonsumsinya dengan menambah sedikit madu supaya rasanya lebih lezat.

Minum Susu

Selain daun mint, minum segelas susu hangat bisa mengatasi penyakit susah tidur secara efektif. The Art of Living mengatakan bahwa kandungan dalam susu mampu menstimulasi melatonin, salah satu jenis hormon yang berpengaruh pada kualitas tidur.

Baca Juga: Mudah dicoba, inilah 6 cara menghilangkan stres Anda

Kurangi Menatap Layar Gawai

Gawai-gawai yang Anda pakai, seperti laptop atau smartphone, memancarkan cahaya biru yang berpengaruh pada produksi melatonin. Artinya, Anda perlu mengurangi waktu menatap layar gawai sebelum tidur supaya produksi hormon tersebut terjaga sehingga Anda bisa tidur lebih cepat.

Lakukan Kegiatan Relaksasi

Jika Anda mengalami insomnia, cobalah untuk melakukan kegiatan relaksasi. Misalnya, yoga atau meditasi. Dengan melakukan kegiatan itu, tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sehingga Anda pun bisa tidur dengan lebih cepat.

Selanjutnya: Inilah 4 cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru