CLOSE [X]

Pahami 4 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi yang Berbeda dengan Kulit Kering

Minggu, 15 Mei 2022 | 05:50 WIB Sumber: Senka
Pahami 4 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi yang Berbeda dengan Kulit Kering

ILUSTRASI. Pahami 4 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi yang Berbeda dengan Kulit Kering


MOMSMONEY.ID - Tampilan kulit yang mengalami dehidrasi hampir sama jika dibandingkan dengan kulit kering, namun kedua kondisi kulit tersebut ternyata berbeda. Kulit dehidrasi disebabkan oleh kulit yang kekurangan cairan tubuh. Agar anda dapat memahami perbedaan kulit dehidrasi dan kulit kering, berikut penjelasannya dilansir dari senka.id, yaitu:

  • Kulit Dehidrasi 

Kulit dehidrasi dapat dialami oleh siapapun, termasuk pemilik kulit berminyak. Kulit dehidrasi disebabkan oleh kondisi kulit yang kekurangan cairan tubuh. Sama seperti anggota tubuh lainnya, terjadinya kulit dehidrasi disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh yang disebabkan oleh faktor eksternal.

  • Kulit Kering 

Kulit Kering

Sedangkan pada kulit kering adalah kondisi kulit yang kandungan minyaknya sedikit, sehingga kelembapannya mudah hilang. Biasanya, kulit kering memiliki ciri-ciri berupa tampilan pori-pori yang hampir tak terlihat, kurangnya elastisitas, garis halus pada wajah yang lebih terlihat, dan permukaan kulit yang kasar.

Kulit kering ini bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, diantaranya pengaruh genetik, hormon dan usia pada faktor internal, serta perubahan cuaca atau musim pada faktor eksternal.

Nah, sekarang anda telah mengetahui perbedaan antara kulit dehidrasi dan kulit kering. Kulit dehidrasi biasanya disebabkan oleh kurangnya minum air putih, disarankan anda meminum air putih 8 gelas setiap hari secara rutin. Selanjutnya, cuaca dan kurang tidur juga dapat menyebabkan kulit dehidrasi.

Kemudian, penyebab kulit dehidrasi lainnya yaitu gaya hidup tidak sehat seperti konsumsi rokok dan alkohol. Sebaiknya hidari merokok dan meminum alkohol, agar kulit anda tidak mengalami dehidrasi. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengenali ciri-ciri kulit dehidrasi. Apakah masalah kulit ini dialami oleh anda? Berikut penjelasannya masih bersumber dari senka.id, yaitu:

1. Kulit terlihat kusam

Ciri-ciri kulit dehidrasi yang pertama adalah kulit terlihat kusam. Kulit dehidrasi cenderung terlihat lebih kusam dibandingkan dengan kulit normal. Hal ini terjadi karena lapisan sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat kulit kehilangan fungsi untuk menghilangkan sel kulit mati yang ada.

2. Kulit berminyak tapi terasa kering

Kulit dehidrasi cukup unik sebab kulit menjadi berminyak tapi terasa kering. Hal ini mengakibatkan kulit anda kehilangan kelembapan dan akan menghasilkan lebih banyak minyak agar kadar cairan tidak hilang. Sehingga, dampaknya memunculkan bercak kering pada kulit, dengan lapisan minyak di atasnya.

3. Kulit lebih sensitif

Ciri-ciri kulit dehidrasi selanjutnya adalah kulit lebih sensitif. Skin-barrier yang rusak akibat kulit dehidrasi akan sulit melawan bakteri dan polutan yang menempel pada kulit. Sehingga, kulit menjadi lebih sensitif dan cenderung lebih mudah terkena masalah kulit seperti jerawat, bruntusan, dan masalah kulit lainnya

4. Kulit terasa gatal dan bersisik

Ciri-ciri kulit dehidrasi lainnya yaitu kulit terasa gatal dan bersisik. Kurangnya cairan pada tubuh juga dapat mengakibatkan kulit terasa kasar, gatal, dan bersisik. Biasanya, hal ini disebabkan oleh pergantian cuaca ekstrem atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru