Penting diketahui, ini cara menyelamatkan orang saat terkena serangan jantung

Jumat, 02 Juli 2021 | 05:30 WIB Sumber: Kompas.com
Penting diketahui, ini cara menyelamatkan orang saat terkena serangan jantung


KESEHATAN - Jakarta. Serangan jantung bisa terjadin secara tak terduga. Bagaimana cara menyelamatkan orang yang mengalami serangan jantung? Bagaimana pertolongan pertama untuk orang yang mengalami serangan jantung?

Serangan jantung adalah keadaan darurat medis. Kondisi ini terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup darah. Padahal darah diperlukan untuk membawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung.

Apabila tidak ada cukup darah yang mengalir ke otot jantung, bagian yang terkena bisa rusak atau mati. Kondisi ini berbahaya dan mematikan. Meski serangan jantung bisa mematikan, beberapa orang dapat selamat dari kejadian ini.

Bertindak cepat ketika Anda melihat orang lain menunjukkan gejala serangan jantung bisa meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup. Simak cara menyelamatkan orang yang mengalami serangan jantung?

Masyarakat umum mungkin menganggap serangan jantung selalu terjadi secara tiba-tiba. Sebenarnya, ada tanda-tanda yang bisa menjadi peringatan akan terjadinya serangan jantung.

Baca juga: Cermati Baik-BaIk, Ini Pemicu dan Ciri Serangan Jantung Saat Olahraga

Melansir Health Line, seseorang yang mengalami serangan jantung mungkin akan memiliki salah satu atau semua kondisi atau tanda berikut:

  • Ketidaknyamanan di dada, terutama bagian tengah yang berlangsung lebih dari beberapa menit atau datang dan pergi.
  • Ketidaknyamanan mungkin terasa seperti ditekan, sesak, diremas, atau nyeri
  • Nyeri atau ketidaknyamanan yang menyebar ke bahu, lengan, punggung, leher, rahang, gigi atau kadang-kadang perut bagian atas
  • Sesak napas yang bisa datang dengan atau tanpa ketidaknyamanan dada
  • Sensasi yang tidak biasa seperti keringat dingin, mual, muntah, perasaan ingin pingsan, atau pusing.

Serangan jantung pada umumnya menyebabkan nyeri dada selama lebih dari 15 menit. Beberapa penderita mengalami nyeri dada ringan, sementara yang lainnya bisa mengalami nyeri yang lebih parah.

Ketidaknyamanan ini pada umumnya digambarkan sebagai perasaan seperti ditekan, diremas, atau nyeri di dada. Tapi, beberapa orang mungkin juga tidak memiliki nyeri dada atau tekanan sama sekali.

Beberapa serangan jantung memang dapat menyerang secara tiba-tiba. Tapi, perlu diketahui bahwa banyak orang bisa juga memiliki tanda-tanda peringatan serangan jabeberapa jam atau beberapa hari sebelumnya.

Merangkum Mayo Clinic, jika melihat orang lain menunjukkan gejala serangan jantung, berikut beberapa cara untuk menyelamatkan

1. Jangan panik dan segera menghubungi nomor darurat medis terdekat

Cara pertama menyelamatkan orang dari serangan jantung adalah jangan panik dan segera menghubungi nomor darurat medis dan terdekat. Jangan pernah abaikan gejala serangan jantung. Katakan dengan jelas bahwa Anda sedang bersama dengan orang yang dicurigai mengalami serangan jantung.

Ingatlah bahwa mencoba untuk membawa penderita serangan jantung ke rumah sakit dengan upaya sendiri bukanlah pilihan utama. Hal ini bisa membuat penderita terlambat menerima penanganan petugas medis.

Sambil menunggu petugas medis tiba, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk adalah mencoba membuat penderita duduk dan menenangkan diri. Buat penderita nyaman, misalnya dalam posisi setengah duduk dengan menyandarkan kepala dan bahu sambil menekuk kedua lututnya untuk melepaskan ketegangan jantung. Selain itu, coba longgarkan pakaian di leher, dada, dan pinggang.

Simak cara menyelamatkan orang dari serangan jantung di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru