Selamat Hari Kereta Api 2022, Ini Contoh Ucapan, Link Twibbon & Sejarah KAI

Rabu, 28 September 2022 | 10:39 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Selamat Hari Kereta Api 2022, Ini Contoh Ucapan, Link Twibbon & Sejarah KAI

ILUSTRASI. Selamat Hari Kereta Api, Ini Contoh Ucapan, Link Twibbon & Sejarah KAI


UCAPAN SELAMAT - Jakarta. Selamat Hari Kereta Api Nasional. Hari iniĀ  tanggal 28 September 2022 adalah Hari Kereta Api Nasional dan Hari Ulang Tahun PT Kereta Api Indonesia (KAI) ke-77. Berikut contoh ucapan, link download Twibbon dan sejarah Hari Kereta Api Indonesia.

Ucapan dan link download Twibbon Hari Kereta Api bisa dimanfaatkan untuk memeriahkan peringatan Hari Kereta Api Indonesia. Penggemar dan penguna moda transportasi kereta api perlu menyampaikan ucapan dan menyemarakkan Hari Kereta Api.

Anda bisa menggunakan ucapan dan link download Hari Kereta Api sebagai status di media sosial. Selain itu, ucapan dan link download Hari Kereta Api juga bisa disampaikan ke petugas yang setiap hari bekerja di kereta api.

Ucapan Hari Kereta Api Nasional

Dilansir dari berbagai sumber, berikut contoh ucapan Hari Kereta Api Nasional:

Baca Juga: 10 Stasiun Kereta Api Ini Bisa Berganti Nama, Apa Maksudnya?

  1. Selamat Hari Kereta Api dan HUT KAI ke-77! Semoga KAI selalu gemilang, berkarya menuju kemajuan transportasi bangsa!
  2. Selamat Hari kereta api Indonesia. Semoga pelayanannya semakin baik untuk para penumpangnya!
  3. Semoga KAI semakin maju dan modern. Selamat Hari Kereta Api Nasional ke-77!
  4. Semoga KAI selalu mengedepankan pelayanan terbaik untuk tetap memberikan rasa aman dan nyaman. Selamat Hari Kereta Api Nasional ke-77!
  5. Pada hari ini mari kita Rayakan semangat kebebasan Perkeretaapian Indonesia dan nikmati semua inovasi kereta api yang diberikan kepada customer. Selamat Hari Kereta Api Nasional ke-77!
  6. Selamat Hari Kereta Api Nasional! Ribuan orang menyerahkan keselamatan mereka ke menggunakan layanan transportasi. Hormati Pelanggan inovasi layanan untuk kereta api lebih baik.
  7. Selamat Hari Kereta Api Nasional ke-77, Semoga KAI terus meningkatkan pelayanannya bagi masyarakat!
  8. Semoga KAI dapat memberikan layanan yang dapat memuaskan masyarakat Indonesia. Selamat Hari Kereta Api Nasional ke-77.
  9. Selamat Hari Kereta Api Nasional ke-77. Semoga KAI terus berinovasi memberikan kualitas pelayanan yang terbaik.
  10. Selamat Hari Kereta Api Nasional! Semoga Terus Menjadi Transportasi Massal Yang Aman dan Nyaman.
  11. Selamat Hari Kereta Api. Semoga KAI terus meningkatkan pelayanannya bagi masyarakat.
  12. Selamat Hari Kereta Api Nasional! Semoga tambah nyaman dalam semua aspek. Semoga insinyurnya juga semakin banyak!.
  13. Dirgahayu PT Kereta Api Indonesia 2022 Karena tujuan pemerintah saat ini berjuang maju di semua bidang termasuk sarana angkutan perkeretaapian untuk Indonesia maju mari dukung dengan kemajuan persatuan insan KAI. Selamat Hari Kereta Api Nasional.
  14. Selamat Hari Kereta Api Nasional! Semoga Terus Menjadi Transportasi Massal Yang Aman dan Nyaman.
  15. Selamat Hari Kereta Api Indonesia! Dirgahayu KAI, Rayakan semangat kebebasan perkeretaapian hari ini dan nikmati semua inovasi kereta api yang diberikan kepada kamu.
  16. Dirgahayu RI, Selamat Hari jadi perkeretaan Nasional! Ribuan orang menyerahkan keselamatan mereka ke layanan transportasi. Hormati Pelanggan. Inovasi layanan untuk kereta api lebih baik. Selamat Hari Kereta Api Nasional.
  17. Dirgahayu PT KAI ke-77 Selamat Hari Kereta Api Indonesia 2022! Semoga Pelayanan Dari Semua Kereta Makin Baik Amin! Keselamatan Anda Adalah Prioritas Kami.
  18. Selamat Hari Kereta Api Indonesia! Rayakan semangat kebebasan perkeretaapian hari ini dan nikmati semua inovasi kereta api yang diberikan kepada kamu. Dirgahayu KAI yang ke-77.
  19. Terima kasih PT Kereta Api Indonesia Kebanggaan Masyarakat Indonesia. Dirgahayu PT KAI ke 77. Selamat Hari Kereta Api Nasional.

  20. Selamat Hari Kereta Api Indonesia! Rayakan semangat kebebasan perkeretaapian hari ini dan nikmati semua inovasi kereta api yang diberikan kepada kamu. Dirgahayu KAI yang ke-77.

Link Twibbon Hari Kereta Api Nasional

Berikut link Twibbon Hari Kereta Api Nasional yang dilansir dari Kompas.com:

  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 1 https://www.twibbonize.com/hutptkai77th
  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 2 https://www.twibbonize.com/hutkai-ke77
  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 3 https://www.twibbonize.com/hutkai77-kwosm
  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 4 https://www.twibbonize.com/dirgahayu77kai
  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 5 https://www.twibbonize.com/dirgahayukai
  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 6 https://www.twibbonize.com/hutkadaop577
  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 7 https://www.twibbonize.com/hutkai7768451
  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 8 https://www.twibbonize.com/gustam-hut-kai-77
  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 9 https://www.twibbonize.com/hutkai-77
  • Link download Twibbon Hari Kereta Api Nasional 10 https://www.twibbonize.com/hutkai77tahun

Sejarah Hari Kereta Api Nasional

Mengutip situs resmi, sejarah perkeretaapian di Indonesia dimulai ketika pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele tanggal 17 Juni 1864. Pembangunan dilaksanakan oleh perusahaan swasta Naamlooze Venootschap Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) menggunakan lebar sepur 1435 mm.

Sementara itu, pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api negara melalui Staatssporwegen (SS) pada tanggal 8 April 1875. Rute pertama SS meliputi Surabaya-Pasuruan-Malang. Keberhasilan NISM dan SS mendorong investor swasta membangun jalur kereta api seperti Semarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS), Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS), Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS), Oost Java Stoomtram Maatschappij (OJS), Pasoeroean Stoomtram Maatschappij (Ps.SM), Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM), Probolinggo Stoomtram Maatschappij (Pb.SM), Modjokerto Stoomtram Maatschappij (MSM), Malang Stoomtram Maatschappij (MS), Madoera Stoomtram Maatschappij (Mad.SM), Deli Spoorweg Maatschappij (DSM).

Selain di Jawa, pembangunan jalur kereta api dilaksanakan di Aceh (1876), Sumatera Utara (1889), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), dan Sulawesi (1922). Sementara itu di Kalimantan, Bali, dan Lombok hanya dilakukan studi mengenai kemungkinan pemasangan jalan rel, belum sampai tahap pembangunan. Sampai akhir tahun 1928, panjang jalan kereta api dan trem di Indonesia mencapai 7.464 km dengan perincian rel milik pemerintah sepanjang 4.089 km dan swasta sepanjang 3.375 km.

Pada tahun 1942 Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Semenjak itu, perkeretaapian Indonesia diambil alih Jepang dan berubah nama menjadi Rikuyu Sokyuku (Dinas Kereta Api). Selama penguasaan Jepang, operasional kereta api hanya diutamakan untuk kepentingan perang. Salah satu pembangunan di era Jepang adalah lintas Saketi-Bayah dan Muaro-Pekanbaru untuk pengangkutan hasil tambang batu bara guna menjalankan mesin-mesin perang mereka. Namun, Jepang juga melakukan pembongkaran rel sepanjang 473 km yang diangkut ke Burma untuk pembangunan kereta api disana.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian dilakukan pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai Jepang. Puncaknya adalah pengambil alihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung tanggal 28 September 1945 (kini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia). Hal ini sekaligus menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI). Ketika Belanda kembali ke Indonesia tahun 1946, Belanda membentuk kembali perkeretaapian di Indonesia bernama Staatssporwegen/Verenigde Spoorwegbedrif (SS/VS), gabungan SS dan seluruh perusahaan kereta api swasta (kecuali DSM).

Berdasarkan perjanjian damai Konfrensi Meja Bundar (KMB) Desember 1949, dilaksanakan pengambilalihan aset-aset milik pemerintah Hindia Belanda. Pengalihan dalam bentuk penggabungan antara DKARI dan SS/VS menjadi Djawatan Kereta Api (DKA) tahun 1950. Pada tanggal 25 Mei DKA berganti menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Pada tahun tersebut mulai diperkenalkan juga lambang Wahana Daya Pertiwi yang mencerminkan transformasi Perkeretaapian Indonesia sebagai sarana transportasi andalan guna mewujudkan kesejahteraan bangsa tanah air. Selanjutnya pemerintah mengubah struktur PNKA menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) tahun 1971. Dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa angkutan, PJKA berubah bentuk menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) tahun 1991. Perumka berubah menjadi Perseroan Terbatas, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) pada tahun 1998.

Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki tujuh anak perusahaan/grup usaha yakni KAI Services (2003), KAI Bandara (2006), KAI Commuter (2008), KAI Wisata (2009), KAI Logistik (2009), KAI Properti (2009), PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (2015).

Itulah contoh ucapan dan link Twibbon Hari Kereta Api Nasional dan sejarah perkeretaapian Indonesia. Selamat Hari Kereta Api Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru