Tak Banyak yang Tahu, 5 Manfaat Kunyit Ini Baik untuk Kesehatan

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak Banyak yang Tahu, 5 Manfaat Kunyit Ini Baik untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat kunyit dengan mengonsumsinya secara teratur.


KESEHATAN - JAKARTA. Kunyit biasanya digunakan untuk mengolah hidangan. Namun, tahukah Anda bahwa ada segudang manfaat kunyit yang baik untuk kesehatan tubuh Anda? Dengan mengonsumsinya secara teratur, kesehatan tubuh dapat terjaga.

Mengutip dari Nuffield Health (nuffieldhealth.com), penyerapan kunyit bisa sangat meningkat jika Anda mengombinasikannya dengan lada hitam. Mencampur lada hitam dengan minyak zaitun juga memberikan efek yang sama.

Meski mudah digunakan, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi kunyit dengan cara yang sembarangan, ya. Beberapa manfaat berikut bisa Anda dapat secara optimal jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Mengandung Antikanker

Manfaat kunyit berikutnya datang dari antikanker yang terkandung di dalamnya. Menurut beberapa penelitian, kandungan dalam kunyit mampu menghambat dan membunuh sel-sel kanker. Tidak berhenti sampai di situ, kunyit juga efektif mengatasi efek samping kemoterapi.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Masker Lidah Buaya yang Mudah Dicoba

Mengandung Antiinflamasi

Peradangan atau inflamasi merupakan salah satu respons tubuh saat ada benda asing yang menginfeksi. Sebenarnya, kondisi itu merupakan hal yang biasa. Namun, inflamasi yang terjadi secara terus-menerus bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

Salah satu cara mengontrol inflamasi dalam tubuh adalah dengan memanfaatkan kunyit. Jenis rempah itu mengandung banyak antiinflamasi yang berguna untuk melindungi kesehatan tubuh Anda. Apalagi saat Anda mengalami artritis, gangguan sistem pencernaan, dan lain sebagainya.

Mengandung Antioksidan

Manfaat kunyit berasal dari berbagai macam nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

Kunyit merupakan salah satu jenis bahan alami yang mengandung banyak antioksidan. Artinya, radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit dalam tubuh dapat dilawan. Cobalah untuk rutin mengonsumsi kunyit. Dengan begitu, risiko kolesterol, penyakit jantung, dan penyakit lain dapat Anda hindari.

Baca Juga: Ingin Tahu Manfaat Daun Sirsak? Cek 6 Jawabannya Ini

Obat Kulit Gatal

Kandungan dalam kunyit bisa mengobati rasa gatal yang muncul di kulit. Apalagi jika rasa gatal itu timbul karena ada masalah di ginjal Anda. Anda hanya perlu mengonsumsi kunyit secara teratur. Tentu saja Anda perlu melakukannya dengan pengawasan dokter, ya.

Menjaga Kesehatan Otak

Seperti yang telah dikatakan, kunyit mampu mengatasi inflamasi dalam tubuh. Hal itu juga berlaku di otak sehingga penyakit alzheimer bisa Anda hindari dengan rutin mengonsumsi kunyit. Selain itu, rajin mengonsumsi kunyit juga bisa mencegah penumpukan protein yang membentuk plak di otak.

Nuffield Health pun menyebutkan bahwa kunyit dapat mengatasi depresi atau gangguan kecemasan. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan manfaat kunyit tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru