Tak hanya susu, ini 5 makanan yang mengandung kalsium

Rabu, 10 November 2021 | 12:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak hanya susu, ini 5 makanan yang mengandung kalsium

ILUSTRASI. Kedelai termasuk salah satu makanan yang mengandung kalsium.


KESEHATAN - JAKARTA. Kalsium biasanya banyak ditemukan dalam susu sapi. Namun, tahukah Anda bahwa masih banyak makanan yang mengandung kalsium selain susu sapi? Dengan begitu, Anda yang tidak mengonsumsi susu sapi karena alasan apa pun masih bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi itu.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), Anda yang berusia 19-50 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium per hari. Sebenarnya, Anda bisa memenuhi kebutuhan itu dengan minum 3 gelas susu sapi yang berukuran 8 ons.

Anda tidak perlu khawatir karena kebutuhan kalsium tetap bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi beberapa pilihan makanan dan minuman ini. Meski bisa Anda lakukan sendiri, jangan lupa untuk tetap membicarakannya dulu ke dokter.

Susu Kedelai

Siapa yang gemar mengonsumsi susu kedelai? Ternyata, jenis susu itu bisa jadi sumber kalsium, lho. Selain dapat memenuhi kebutuhan kalsium, mengonsumsi susu kedelai juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Susu kedelai juga memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit daripada susu berlaktosa.

Baca Juga: Yogurt mendatangkan beragam manfaat, syaratnya rutin dikonsumsi

Tahu

Salah satu makanan yang mengandung kalsium adalah tahu.

Selain susu kedelai, tahu juga bisa jadi makanan yang mengandung kalsium. Kandungan kalsium dalam tahu berbeda-beda, tergantung dari tekstur dan brandnya. Namun, pada umumnya ½ gelas tahu mengandung 275-861 mg kalsium per hari.

Biji Bunga Matahari

Selanjutnya, biji bunga matahari termasuk salah satu makanan yang mengandung kalsium. Dalam 1 gelas biji bunga matahari, Anda bisa mendapatkan 109 mg kalsium. Tidak berhenti sampai di situ, biji bunga matahari juga memiliki magnesium yang baik untuk sistem saraf, otot, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Tanda tubuh kekurangan mineral berdasarkan jenisnya

Kale

Kale termasuk makanan yang mengandung kalsium.

Medical News Today mengatakan bahwa 2 gelas kale mentah mengandung 180 mg kalsium. Selain itu, kale juga memiliki banyak antioksidan. Artinya, rutin mengonsumsi kale bisa melawan radikal bebas dalam tubuh yang memicu kemunculan penyakit.

Brokoli

Brokoli jadi sumber kalsium lainnya yang tak boleh Anda lewatkan. Anda bisa mendapat 87 mg kalsium dengan mengonsumsi 1 gelas brokoli beku. Menurut penelitian, ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi brokoli, misalnya mencegah kanker.

Selanjutnya: 6 Vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari dan manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru