Tips Cara Menanam Sayuran di Rumah untuk Mengisi Liburan Sekolah

Kamis, 30 Desember 2021 | 13:32 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips Cara Menanam Sayuran di Rumah untuk Mengisi Liburan Sekolah


TIPS & TRIK - Anak mulai bosan liburan di rumah? Coba ajak buah hati Anda untuk mengisi waktu liburan sekolah dengan menanam sayuran di rumah. Berikut ini tips cara menanam sayuran di rumah.

Mengingat kondisi yang masih dalam masa pandemi Covid-19, menghabiskan libur sekolah dengan berlibur ke luar kota bahkan ke luar negeri sangat berisiko. 

Agar libur sekolah tetap menyenangkan di rumah, ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan anak.Salah satunya adalah dengan menanam berbagai macam sayuran di rumah.

Pengalaman menanam sayuran di rumah bersama dengan orangtua dan saudara bisa menjadi hal menyenangkan dan diingat oleh buah hati.

Sayuran memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Kandungan vitamin, protein, hingga mineral dalam sayur sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Selain di perkebunan atau di halaman rumah yang luas, menanam sayur juga bisa dilakukan di lahan yang terbatas. 

Untuk rumah yang memiliki lahan yang tidak luas, Anda bisa menggunakan metode menanam sayur dengan cara hidroponik, vertikultur, atau aeroponik. 

Bagaimana cara memulai budidaya tanaman sayur di rumah? Merangkum dari situs ditsmp.kemdikbud.go.id, berikut ini tips untuk menanam sayuran di rumah. 

Baca Juga: Mengenal 4 Macam Asas Kewarganegaraan yang Berlaku di Indonesia

Pembibitan

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat mulai budidaya tanaman sayur adalah teknik pembibitan. 

Tahap ini sangat penting karena menentukan apakah sayuran bisa tumbuh dengan baik atau tidak. Pilih benih yang berkualitas agar sayuran yang ditanam bisa berkembang dengan baik. 

Ciri-ciri bibit yang baik adalah bebas dari hama penyakit, daya tumbuh yang tinggi, daya kecambah sekitar 80%, dan riwayat induk yang sehat dan produktif. 

Setiap jenis tanaman memiliki teknik pembibitan yang berbeda. Beberapa sayuran perlu disemai terlebih dahulu sebelum di tanam, namun ada yang tidak. 

Meskipun demikian, faktor kecukupan gizi, air, dan pencahayaan juga penting untuk dipenuhi agar bibit bisa berkembang dengan baik. 

Pengolahan tanah

Tanah merupakan media yang paling umum digunakan untuk menanam sayuran. Tidak heran jika pengolahan tanah menjadi hal yang wajib diperhatikan saat budidaya tanaman. 

Cara untuk menanam sayuran agar berhasil adalah dengan menggemburkan tanah dan memastikan lahan memenuhi syarat tumbuh tanaman yang akan ditanam. 

Syarat-syarat tersebut di antaranya menyesuaikan kadar air dan menyesuaikan pH tanah. 

Baca Juga: Jenis-jenis Sistem Saraf pada Manusia beserta Fungsi Masing-masing

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru