3 Cara membedakan masker medis asli dan palsu

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:22 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
3 Cara membedakan masker medis asli dan palsu


COVID-19 - Jakarta.  Masker kini menjadi kebutuhan sehari-hari selama pandemi. Saat ini, penjual masker pun mudah ditemui. Baik di e-commerce bahkan di pinggir jalan. 

Pemerintah pun turut mengimbau masyarakat agar menggunakan masker dobel yakni masker medis dan sekaligus masker non medis saat keluar rumah. 

Seiring dengan meningkatnya permintaan dan kebutuhan terhadap masker, di pasaran ditemukan pula masker-masker palsu dengan harga yang bersaing.

Lantas, bagaimana cara membedakan masker medis asli dan palsu?

Baca Juga: 5 Bahan ini mudah Anda gunakan sebagai pemutih wajah

Cara membedakan masker medis asli dan palsu

Dirangkum dari laman resmi Indonesia Baik, berikut cara membedakan masker medis asli dan palsu:

1. Izin edar Kemenkes

Masker medis asli ialah yang memiliki nomor izin edar dari Kementerian Kesehatan. Sementara itu, masker palsu yaitu tidak memiliki nomor izin edar dari Kemenkes, tetapi diklaim sebagai masker medis. Biasanya izin edar tertera pada kemasan.

2. Tekstur masker 

Selain itu, untuk membedakan masker asli dan masker yang palsu bisa dilihat dari teksturnya. Pada masker palsu, kotak atau kemasan biasanya lebih buram dan biasanya tali masker lebih gampang putus. 

Sedangkan, masker medis asli biasanya berbahan material non-woven spunbond, meltblown, spunbond (SMS), serta spunbond, meltblown, meltblown, spunbond (SMMS). Masker tersebut digunakan sekali pakai dengan tiga lapisan.

Baca Juga: Vaksin booster, seberapa penting untuk tubuh? Simak jawaban WHO

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru