4 Cara menghilangkan sakit kepala, mudah Anda coba

Kamis, 17 Juni 2021 | 22:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan sakit kepala, mudah Anda coba

KONTAN.CO.ID - Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala. Meski bisa hilang dengan sendirinya, cara menghilangkan sakit kepala tetap perlu Anda coba.

Tujuannya, agar sakit kepala tak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Menurut laman Pharmeasy, ada dua tipe sakit kepala, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah kondisi di mana kepala terasa nyeri bukan karena ada masalah kesehatan.

Sebaliknya, sakit kepala sekunder adalah kondisi di mana sakit kepala terjadi akibat gangguan kesehatan yang lebih serius.

Salah satu cara untuk mengatasi kondisi-kondisi tersebut adalah dengan memanfaatkan bahan alami. Namun, perlu diingat bahwa bahan ini hanya bersifat sementara.

Jika sakit kepala terus terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan mendiagnos kondisi tubuh Anda sehingga perawatan yang sesuai bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Sedang sibuk atau perjalanan, ini cara menyembuhkan sakit kepala tanpa obat

Kafein

Sakit kepala bisa Anda atasi dengan kafein, lo. Kandungan yang biasa terdapat dalam teh atau kopi itu mampu menurunkan tekanan dan menenangkan otak.

Meski demikian, pastikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2 gelas kopi, ya. Terlalu banyak kafein justru memperparah sakit kepala.

Batasi konsumsi alkohol

Mengutip dari Pharmeasy, sakit kepala dapat mereda saat Anda membatasi atau benar-benar tak mengonsumsi alkohol. Alkohol dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi sulit terkontrol.

Akibatnya, saraf otak mengalami tekanan secara tiba-tiba yang mana menimbulkan sakit kepala sedang hingga berat. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi alkohol menyebabkan tubuh mudah dehidrasi sehingga risiko mengalami sakit kepala pun meningkat.

Minum air putih

Minum air putih termasuk salah satu cara menghilangkan sakit kepala.

Sakit kepala bisa terjadi akibat dehidrasi. Nah, ada baiknya bagi Anda untuk minumbanyak air putih. Umumnya, Anda perlu minum delapan gelas air putih setiap hari. Namun, jumlah itu bisa berbeda, tergantung dari kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Patut waspada, 6 gejala sinusitis ini bisa menyerang Anda

Tidur

Cara menghilangkan sakit kepala selanjutnya adalah dengan tidur. Menurut sebuah penelitian, tidur kurang dari enam jam per hari meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Namun, bukan berarti Anda perlu waktu tidur yang terlalu lama, ya. Cara menghilangkan sakit kepala yang efektif adalah dengan tidur selama tujuh hingga delapan jam per hari. 

Selanjutnya: Tanpa obat, simak cara meredakan sakit kepala

Editor: Belladina Biananda
Terbaru