6 Penyebab Hipertensi yang Membahayakan Kesehatan, Hati-Hati!

Sabtu, 11 Juni 2022 | 11:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Penyebab Hipertensi yang Membahayakan Kesehatan, Hati-Hati!


KESEHATAN - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah gangguan kesehatan yang harus diwaspadai karena dapat membahayakan kesehatan. Untuk dapat melakukan pencegahan, Anda mesti mengetahui apa saja penyebab hipertensi. 

Cukup banyak penyakit serius jika membiarkan hipertensi dalam kurang waktu yang lama. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala hipertensi segeralah untuk melakukan penanganan ke dokter.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, lakukanlah pengecekan tekanan darah secara rutin untuk menghindari hipertensi. 

Baca Juga: 3 Penyebab Kencing Berbusa yang Perlu Anda Waspadai

Melansir dari UCSF Health, berikut beberapa penyebab hipertensi yang perlu Anda waspadai: 

Kelebihan Berat Badan 

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebihan, Anda perlu hati-hati. Pasalnya, kelebihan berat badan dan obesitas bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi serta memiliki risiko terkena penyakit serius lainnya. 

Kekurangan Kalium 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena tubuh kekurangan kalium. Untuk itu perbanyak asupan kalium agar tekanan darah kembali stabil. 

Kekurangan Vitamin D 

Selain kalium, kekurangan vitamin D juga bisa menjadi penyebab hipertensi. Pasalnya, tubuh yang kekurangan vitamin D sangat rentan terkena hipertensi. Untuk itu, coba konsumsi makanan atau suplemen vitamin D. 

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui, Catat!

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Alkohol 

Perlu Anda ketahui, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol bisa menjadi salah satu penyebab hipertensi loh. Pasalnya, mengkonsumsi alkohol bisa membuat pembuluh darah menjadi tegang sehingga dapat meningkatkan tekanan darah pula. 

Kurang Melakukan Aktivitas Fisik 

Penyebab hipertensi selanjutnya adalah tubuh kurang banyak melakukan aktivitas fisik. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk mulai berolahraga. Contohnya bisa mulai berjalan kaki selama 30 menit perhari. 

Baca Juga: 4 Makanan yang Menyehatkan Bagi Penderita Asam Lambung, Mau Coba?

Terlalu Banyak Konsumsi Garam 

Selain alkohol, Anda juga jangan terlalu banyak mengkonsumsi garam. Pasalnya, hal tersebut dapat menjadi penyebab hipertensi atau meningkatkan tekanan darah. Biasanya garam tinggi terkandung dalam makanan cepat saji atau fast food. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru