6 Tips Jitu Sukses Menghadapi Wawancara Beasiswa Impian

Jumat, 31 Desember 2021 | 16:17 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
6 Tips Jitu Sukses Menghadapi Wawancara Beasiswa Impian

ILUSTRASI. 6 Tips Jitu Sukses Menghadapi Wawancara Beasiswa Impian.


EDUKASI -Jakarta.  Wawancara merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam seleksi beasiswa. Agar sukses menghadapi wawancara beasiswa, berikut ini tips yang bisa dipakai.

Selain seleksi berkas persyaratan, salah satu komponen penting dalam seleksi penerimaan beasiswa adalah wawancara. 

Biasanya kegiatan ini berlangsung pada tahap akhir proses pendaftaran. Wawancara bisa diselenggarakan secara online maupun langsung sesuai dengan kebijakan pemberi beasiswa. 

Tidak sedikit pelajar yang gagal mendapatkan beasiswa impiannya di tahap akhir ini. Ada banyak faktor yang membuat peserta gagal seperti tidak memahami tujuan mendapatkan beasiswa hingga masalah pakaian. 

Merangkum dari Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), berikut ini tips sukses menghadapi wawancara beasiswa. 

Baca Juga: 10 Inspirasi Resolusi Tahun Baru 2022 Buat yang Belum Membuat Resolusi Tahun Depan

Tips sukses menghadapi wawancara beasiswa

1. Mengenakan pakaian rapi dan formal. Pakaian tersebut dipilih untuk menciptakan kesan awal yang baik kepada pewawancara. 

2. Pastikan postur tubuh saat wawancara benar yaitu tegap dengan posisi duduk tegak. Dengan postur tubuh yang tepat, pewawancara bisa terkesan dengan sikap sopan dan disiplin Anda. 

3. Cari tahu hal mendasar tentang kampus dan jurusan tujuan seperti keunggulan dan prestasi untuk menunjukkan minat yang tinggi kepada pewawancara. 

4. Sampaikan jawaban Anda dengan percaya diri, komprehensif, dan terperinci agar pihak kampus atau pemberi beasiswa tertarik.

5. Tetap kontak mata dengan pewawancara secara alami. Hal ini dilakukan agar pewawancara tetap fokus dengan jawaban yang Anda berikan. 

6. Persiapkan satu atau dua pertanyaan untuk pihak kampus atau pemberi beasiswa. Dengan mengajukan pertanyaan, bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap kampus atau jurusan yang dipilih. 

Selain tips di atas, agar wawancara beasiswa bisa sukses Anda perlu tetap tenang. Persiapkan diri dengan baik dan berlatih agar lebih siap saat mengikuti rangkaian kegiatan seleksi beasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru