Bibir kering? Ini 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasinya

Kamis, 02 September 2021 | 16:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bibir kering? Ini 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasinya


KECANTIKAN - JAKARTA. Tidak hanya mengganggu penampilan, bibir kering dan pecah-pecah juga bisa mengganggu kesehatan karena meningkatkan risiko infeksi. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, cara mengatasi bibir kering perlu segera Anda lakukan.

Dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab bibir kering yang utama. Maka dari itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Umumnya, setiap orang membutuhkan delapan gelas air putih per hari.

Namun, jumlah itu bisa berbeda, tergantung dari aktivitas atau kondisi tubuh Anda. Selain dehidrasi, masih banyak faktor lain yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Mulai dari merokok, paparan sinar matahari, alergi, dan lain sebagainya.

Nah, bahan-bahan alami di bawah ini membantu bibir Anda supaya tetap lembab. Nutrisi lain yang terkandung dalam bahan alami pun efektif menjaga kesehatan bibir. Dengan begitu, kondisi kering dan masalah yang lain dapat Anda hindari.

Baca Juga: Inilah 5 penyebab kulit kering yang perlu Anda ketahui

Petroleum Jelly dan Madu

Melansir Firstcry.com, petroleum jelly dan madu dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi bibir pecah-pecah. Antibakteri dalam madu mampu mempercepat proses penyembuhan bibir yang terluka. Di sisi lain, kandungan dalam petroleum jelly mampu menutrisi bibir dengan baik.

Caranya, oleskan madu di atas bibir Anda lalu timpa dengan petroleum jelly. Diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit sebelum Anda membersihkannya dengan handuk kering. Cobalah untuk memakai kombinasi bahan itu minimal satu kali dalam sehari.

Timun

Jika Anda mencari obat bibir pecah-pecah, maka timun bisa Anda masukkan dalam daftar. Pertama, tekan beberapa iris timun dingin di atas bibir. Diamkan selama 10 menit agar air timun dapat terserap bibir secara maksimal. Setelah itu, bersihkan sisa timun hingga bersih.

Baca Juga: Green tea punya banyak manfaat bagi kecantikan kulit, cek di sini

Selai Kacang

Selai kacang juga bisa dijadikan cara mengatasi bibir kering, lo. Firstcry.com mengatakan bahwa asam lemak yang terkandung dalam selai kacang bisa menutrisi kulit sehingga bibir menjadi lebih lembut. Anda hanya perlu melapisi bibir dengan selai kacang selama semalaman untuk mendapat manfaat itu.

Lidah Buaya

Cara mengatasi bibir kering bisa pakai lidah buaya.

Bukan lagi jadi rahasia jika lidah buaya berguna sebagai obat bibir kering. Selain melembabkan, kandungan dalam bahan alami itu juga mampu mengatasi peradangan. Sama seperti selai kacang, Anda hanya perlu mengaplikasikan lidah buaya pada bibir selama semalaman.

Teh Hijau

Cara mengatasi bibir kering berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai teh hijau. Pertama, rendam kantung teh hijau dalam air panas selama beberapa menit. Setelah didinginkan beberapa saat, tempatkan kantung teh itu di atas bibir. Lakukan cara agar bibir tidak kering secara rutin, ya.

Selanjutnya: Cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan 6 bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru