Cara dan link daftar ulang / registrasi SBMPTN 2021 di universitas negeri

Rabu, 16 Juni 2021 | 14:48 WIB Sumber: Kompas.com
Cara dan link daftar ulang / registrasi SBMPTN 2021 di universitas negeri

ILUSTRASI. Cara dan link daftar ulang / registrasi SBMPTN 2021 di universitas negeri


SBMPTN - Jakarta. Selamat untuk calon mahasiswa baru yang sudah lolos SBMPTN 2021. Setelah mendapat pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2021, langkah selanjutnya adalah daftar ulang atau registrasi ke universitas negeri yang jadi pilihan. Simak link dan cara daftar ulang / registrasi SBMPTN 2021

Pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2021 telah diumumkan secara serentak pada Senin (14/6/2021) sore. Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengatakan, peserta yang telah dinyatakan lolos, dapat mencari informasi terkait proses lanjutan berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan oleh masing-masing PTN.

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, peserta yang dinyatakan lolos biasanya diminta untuk melakukan registrasi atau daftar ulang. Peserta harus memenuhi persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan dalam tahap daftar ulang di universitas negeri penerima.

Berikut sejumlah universitas negeri yang telah merilis informasi resmi mengenai daftar ulang SBMPTN 2021.

  • Daftar ulang / registrasi SBMPTN di Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM Yogyakarta menjadwalkan registrasi / daftar ulang bagi calon mahasiswa jalur SBMPTN pada 17 Juni-24 Juni 2021. Selain itu, calon mahasiswa baru yang lulus seleksi jalur SBMPTN 2021 diwajibkan melengkapi biodata dan memenuhi berkas-berkas yang dibutuhkan.

Pengisian data dan unggah dokumen daftar ulang / registrasi SBMPN di UGM dilakukan melalui link https://simaster.ugm.ac.id. Jika hingga 24 Juni 2021 pukul 23.55 WIB calon mahasiswa tidak melengkapi data dan mengunggah dokumen yang disyaratkan, maka dianggap melepaskan hak sebagai calon mahasiswa UGM.

Setelah melengkapi biodata dan mengunggah dokumen persyaratan, calon mahasiswa membayar uang kuliah tunggal (UKT) pada 1-8 Juli 2021. Jika calon mahasiswa tak melakukan pembayaran UKT hingga 8 Juli 2021 pukul 23.55 WIB, maka dianggap melepaskan hak sebagai calon mahasiswa UGM.

Baca juga: Inilah link dan cara download sertifikat UTBK-SBMPTN 2021

  • Daftar ulang / registrasi SBMPTN di Universitas Diponegoro (Undip)

Melansir situs resmi Undip, registrasi atau daftar ulang online calon mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021 dilakukan pada 16-21 Juni 2021. Registrasi tersebut dilakukan melalui link https://regonline.undip.ac.id.

Cara daftar ulang / registrasi SBMPTN di Undip adalah calon mahasiswa baru login menggunakan nomor peserta dan password tanggal lahir. Dalam registrasi / daftar ulang SBMPTN 2021 Undip, peserta wajib mengisi data pribadi, data orangtua/wali, data pendidikan, dan data prestasi.

Selain itu, perlu menentukan besaran UKT per semester pada menu yang tersedia. Calon mahasiswa baru wajib mencetak dan menandatangani form registrasi online, pernyataan kesanggupan, dan surat pernyataan KIP-Kuliah (khusus peserta KIP-Kuliah), yang diunduh dari menu yang telah disediakan.

Terdapat aturan bahwa calon mahasiswa wajib melakukan pemeriksaan kesehatan. Sementara itu, berkas yang perlu diunggah calon mahasiswa sebagai berikut.

  • Berkas UKT (bagi pemilih UKT selain kelompok VIII)
  • Hasil tes kesehatan
  • KTP atau Kartu Keluarga atau surat keterangan kependudukan pengganti KTP
  • Berkas registrasi KIP-Kuliah (khusus peserta KIP-Kuliah)
  • Foto

Berkas yang diunggah akan diverifikasi oleh petugas pada 3-5 Juli 2021, dan diumumkan pada 6 Juli 2021.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru