Coba 6 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi Ini, Yuk

Rabu, 22 Desember 2021 | 16:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Coba 6 Makanan yang Mengandung Serat Tinggi Ini, Yuk

ILUSTRASI. Buah delima adalah salah satu jenis makanan yang mengandung serat.


KESEHATAN - Serat adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap berfungsi normal. Salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi itu adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat.

Tubuh yang kekurangan serat lebih berisiko terkena penyakit diabetes dan mengalami peradangan. Anda juga akan kekurangan energi untuk melakukan efektif.

Saat Anda sedang menjalani program diet, serat sangat Anda butuhkan supaya cara menurunkan berat badan bisa berjalan optimal.

Umumnya, orang dewasa membutuhkan 28 gram serat per hari. Untuk memenuhi kebutuhan itu, ada banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih.

Mulai dari buah delima, kacang alpukat, hingga alpukat. Selain mengandung serat, makanan tersebut juga memiliki nutrisi penting lain yang dibutuhkan tubuh.

Buah delima

Tahukah Anda bahwa buah delima termasuk salah satu makanan yang mengandung serat? Terdapat 5,6 gram serat dalam setengah gelas buah delima.

Jenis buah itu juga mengandung banyak antioksidan yang mampu menghilangkan lemak dalam tubuh. Jadi, proses diet akan berjalan lebih maksimal.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Pakai Bahan Alami

Kacang merah

Ada banyak serat yang terkandung dalam kacang-kacangan. Tak terkecuali kacang merah. Mengutip dari Eatthis.com, 1,5 gelas kacang merah yang sudah dimasak mengandung 6,5 gram serat.

Tidak hanya itu, dalam jumlah yang sama terdapat 7,7 gram protein yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Alpukat

Alpukat adalah makanan yang mengandung serat.

Alpukat tidak boleh ketinggalan dari daftar makanan yang mengandung serat. Dengan mengonsumsi ΒΌ alpukat, Anda bisa mendapat 3,4 gram serat.

Jumlah tersebut mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebih pun dapat berkurang.

Apel

Dalam sebuah apel berukuran sedang, Anda bisa mendapat 4,4 g serat. Tapi usahakan untuk mengonsumsinya bersama dengan kulit apel supaya semua nutrisi buah tersebut bisa Anda dapat.

Anda bisa mengolah apel menjadi berbagai macam hidangan. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Baca Juga: 4 Sunscreen dari Brand Lokal yang Bagus dan Laris Manis di Pasaran, Sudah Coba?

Brokoli

Salah satu makanan yang mengandung serat adalah brokoli.

Menurut sebuah penelitian, 1 gelas brokoli mengandung 5 gram serat. Artinya, mengonsumsi jenis sayur itu bisa membantu bakteri dalam sistem pencernaan Anda tetap sehat.

Anda bisa mengolah brokoli menjadi berbagai jenis hidangan yang enak untuk disantap.

Pisang

Eatthis.com merekomendasikan pisang untuk memenuhi kebutuhan serat Anda. Anda bisa mendapat sekitar 3 gram serat dengan mengonsumsi satu buah pisang berukuran sedang.

Tidak berhenti sampai di situ, pisang dipenuhi dengan kalium yang mampu mengontrol tekanan darah Anda sehingga cocok dikonsumsi penderita hipertensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru