Ini cara cek nomor BPJS Kesehatan yang bisa Anda coba

Selasa, 07 Desember 2021 | 15:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini cara cek nomor BPJS Kesehatan yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Cek nomor BPJS Kesehatan bisa Anda lakukan memakai aplikasi. ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.


BPJS KESEHATAN - JAKARTA. Nomor BPJS Kesehatan perlu selalu Anda ingat supaya memudahkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan yang tersedia. Anda tidak perlu khawatir jika lupa akan nomor tersebut karena ada beberapa cara cek nomor BPJS Kesehatan yang dapat Anda praktikkan.

Selain dipakai untuk mengakses layanan kesehatan, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengingat nomor BPJS Kesehatan. Misalnya, mengetahui jumlah iuran yang harus Anda baya, berapa tagihan yang Anda miliki, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan, hanya ada sedikit hal yang perlu Anda siapkan, yaitu Nomor Induk Kependudukan atau NIK dan KTP yang Anda miliki. Setelah itu, cobalah beberapa cara di bawah ini.

Baca Juga: Begini cara mudah cek tagihan BPJS Kesehatan milik Anda

Aplikasi

BPJS Kesehatan memiliki aplikasi JKN Mobile yang dapat Anda manfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya adalah mengakses nomor BPJS Kesehatan. Setelah masuk ke aplikasi itu, pergi ke menu peserta kemudian masukkan data yang diminta. Selanjutnya, akan muncul nomor BPJS Anda.

SMS

Cek nomor BPJS Kesehatan juga bisa Anda lakukan dengan mengirim SMS ke nomor 087775500400. Mengutip dari laman BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id), format SMS yang perlu Anda kirim adalah NIK (spasi) nomor induk kependudukan.

Baca Juga: Tidak perlu bingung, begini cara daftar BPJS online

Media Sosial

BPJS Kesehatan memiliki akun resmi di Twitter dan Instagram yang bisa Anda manfaatkan untuk cek nomor BPJS Kesehatan. Anda hanya perlu mengirim direct message atau DM ke akun BPJS Kesehatan. Nantinya, admin yang bertugas akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk mengakses nomor BPJS Kesehatan Anda. Apabila Anda tetap merasa kesulitan, cobalah untuk meminta nomor BPJS Kesehatan dengan datang langsung ke kantor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru