Menggunakan bahan alami, ini 4 cara mengatasi kulit kering

Kamis, 05 Agustus 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Menggunakan bahan alami, ini 4 cara mengatasi kulit kering


KESEHATAN - Cara mengatasi kulit kering perlu segera Anda lakukan. Jika terus dibiarkan, kulit kering bisa menimbulkan masalah kulit yang lebih parah.

Misalnya, kulit pecah-pecah, terasa gatal, dan mudah terluka. Saat hal itu terjadi, Anda lebih rentan mengalami infeksi.

Sebenarnya, ada banyak produk perawatan kulit yang bisa Anda gunakan. Namun, bahan-bahan alami di sekitar Anda juga bisa dimanfaatkan. Selain murah, cara menggunakannya pun cukup mudah.

Namun, jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya. Segera hentikan pemakaian bahan-bahan alami ini jika kulit iritasi.

Berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum rutin menggunakan bahan berikut ini juga bisa Anda jadikan pilihan. Khususnya, bagi Anda yang memiliki masalah kulit tertentu.

Lidah buaya

Laman Seniority merekomendasikan lidah buaya untuk menjaga kesehatan kulit kering. Anda hanya perlu menggunakan gel lidah buaya secara rutin.

Selain melembabkan, kandungan nutrisi dalam lidah buaya juga efektif mengobati masalah kulit yang sedang Anda alami.

Baca Juga: Urutan Skincare yang Benar Sebelum Pakai Makeup, Sudah Tahu?

Minyak kelapa

Minyak kelapa jadi bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering. Kandungan dalam jenis minyak itu bisa masuk di antara sel-sel kulit sehingga kelembaban kulit pun terjaga.

Menggunakan minyak kelapa secara rutin juga bisa membuat kulit semakin lembut.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat minyak kelapa lain yang bisa Anda dapat. Mulai dari menjaga kesehatan rambut hingga menyamarkan garis halus.

Tomat

Tomat jadi salah satu bahan alami yang cocok digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering karena mengandung banyak antioksidan. Apalagi, jika kulit kering yang Anda miliki terjadi karena terlalu sering terpapar bahan berbahaya.

Selain tomat, wortel juga bisa Anda jadikan pilihan.

Baca Juga: Inilah 3 cara alami mengatasi masalah ruam kulit

Oatmeal

Oatmeal dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi kulit kering.

Mengutip dari Seniority, oatmeal cocok digunakan oleh pemilik tipe kulit kering. Terlebih, jika Anda mengalami rasa gatal berlebih.

Anda bisa memanfaatkan bahan alami itu untuk berendam atau mandi. Bukan tanpa alasan, kulit kering bisa diatasi dengan oatmeal karena adanya antioksidan dan antiinflamasi.

Setelah mandi atau berendam dengan oatmeal, jangan lupa untuk melanjutkan perawatan kulit dengan memakai pelembab yang biasa Anda pakai, ya.

Selanjutnya: 5 Cara mengatasi rambut kering menggunakan bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru