CLOSE [X]

Tips Mencuci Baju Thrift yang Aman, Bersih dari Bakteri dan Kuman, Simak

Minggu, 15 Mei 2022 | 07:30 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Tips Mencuci Baju Thrift yang Aman, Bersih dari Bakteri dan Kuman, Simak


KONTAN.CO.ID - Bersamaan dengan kepopuleran gaya hidup yang sustainable dan ramah lingkungan, kegiatan thrifting atau berburu barang bekas turut menjadi tren, termasuk baju atau pakaian bekas.

Selain bisa mendapatkan baju dengan harga lebih murah, baju thrift juga dianggap lebih sustainable atau ramah lingkungan karena membantu memperpanjang masa pakai suatu barang sehingga tidak cepat menjadi sampah.

Namun, karena merupakan barang bekas, baju thrift juga harus diperlakukan dengan cermat. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cara mencucinya. Sebab, baju thrift biasanya penuh dengan beragam kuman dan bakteri yang tidak bisa dibasmi hanya dengan pencucian biasa.

Nah, bagaimana cara yang tepat untuk mencuci baju thrift agar terbebas dari kuman dan bakteri? Dilansir dari Haven House Thrift Shop dan Apartment Therapy, berikut tipsnya.

Periksa label di baju

Sebelum mencuci baju thrift, ada baiknya Anda memeriksa label di baju tersebut. Biasanya, label pada baju akan memberitahu Anda soal cara pencucian yang paling tepat untuk baju tersebut. Misalnya, ada beberapa baju yang tidak boleh dicuci dengan mesin, ada baju yang tidak boleh dicuci dengan air panas, dan lain-lain.

Dengan mengikuti instruksi pada label, Anda dapat membantu menjaga kualitas baju thrift supaya tetap awet. Jika label pada baju sudah memudar atau hilang, Anda bisa memercayakan jasa dry clean untuk mencuci baju tersebut.

Pisahkan baju dari cucian lainnya

Sama seperti mencuci baju biasa, Anda perlu memisahkan baju thrift sebelum mencucinya. Utamakan untuk memisahkannya dari cucian Anda yang lainnya untuk mencegah penyebaran kuman, bakteri, atau bau tidak sedap.

Setelah itu, barulah pisahkan sesama baju thrift jika Anda membeli beberapa baju sekaligus. Pisahkan seperti biasa berdasarkan warna atau jenis kain.

Baca Juga: Ingin Menata Rumah yang Aman dan Nyaman untuk Anak? Simak Tipsnya, Yuk!

Editor: Kania Paramahita

Terbaru