Cara Membuat Resume agar Terlihat Profesional, Ini Tipsnya!

Kamis, 03 Februari 2022 | 14:08 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Membuat Resume agar Terlihat Profesional, Ini Tipsnya!

ILUSTRASI. Cara membuat resume agar terlihat lebih profesional.


TIPS & TRIK -Jakarta. Cara membuat resume itu penting diketahui bagi para pelamar kerja maupun untuk masuk ke perguruan tinggi. Terdapat beberapa tips yang bisa dijadikan acuan agar resume anda terlihat lebih profesional. 

Sebelum membuat resume, anda harus mengetahui dan paham apa itu resume, sehingga resume anda akan berkualitas. 

Resume adalah sebuah rangkuman atau ringkasan intisari dari suatu tulisan panjang. 

Baca Juga: Cara Hard Disk Eksternal bisa Digunakan di Mac dan Windows, Ini Tipsnya!

Pada dasarnya resume berfungsi agar pembaca dapat lebih mudah memahami pesan atau tulisan yang disampaikan karena lebih singkat, padat dan jelas. 

Umumnya membuat resume dijadikan salah satu cara perusahaan untuk melakukan rekrutmen dan mengetahui informasi para pelamar lewat resume yang dibuat. 

Selain itu untuk melamar pekerjaan, resume juga kerap kali dijadikan sebagai persyaratan masuk perguruan tinggi. Serta bagi para mahasiswa, biasa kerap kali diberikan tugas untuk membuat resume dari sebuah buku atau artikel ilmiah. 

Melansir dari Indeed, khusus bagi pelamar pekerjaan terdapat tips khusus cara membuat resume agar terlihat lebih profesional. 

Cara Membuat Resume agar Terlihat Profesional

1. Mulailah dengan memilih format resume yang tepat

Sebelum membuat resume, anda harus menentukan format resume yang akan dibuat.
Pasalnya, format adalah gaya dan urutan di mana Anda menampilkan informasi di resume Anda. 

Ada tiga format resume yang umum digunakan yang dapat Anda pilih tergantung mana yang tepat untuk Anda: Kronologis (atau kronologis terbalik), fungsional, atau kombinasi.

2. Sertakan nama dan informasi kontak Anda pada resume

Saat membuat resume Anda harus dimulai dengan nama dan informasi kontak Anda termasuk alamat email dan nomor telepon Anda. 

3. Tambahkan ringkasan resume atau tujuan

Setelah informasi kontak Anda, Anda memiliki opsi untuk menyertakan ringkasan resume atau pernyataan objektif. 

Dalam hal ini, anda harus menjelaskan tujuan dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar dengan singkat, padat dan jelas.

rumahBaca Juga: Rumah Mantan: Tempat Makan Mie Instan Unik di Bandung, Ada Mesin Capitnya

4. Sebutkan soft skill dan hard skill Anda di resume

Soft skill dan hard skill sangat penting saat membuat sebuah resume. Namun, perlu diperhatikan apakah soft skill dan hard skill anda relevan dengan kualifikasi lowongan kerja yang akan anda lamar.

5. Cantumkan riwayat profesional Anda di resume

Tulis bagian pengalaman profesional Anda dalam urutan kronologis terbalik. Mulailah dengan pekerjaan terbaru Anda dan berikan deskripsi singkat termasuk nama perusahaan, periode waktu di mana Anda bekerja, jabatan Anda dan beberapa pencapaian utama selama Anda bekerja di perusahaan.

6. Sertakan riwayat pendidikan pada resume

Dalam sebuah resume riwayat pendidikan juga menjadi salah satu bagian penting. Anda dapat menyertakan riwayat pendidikan terbaru atau setinggi-tingginya.

Contohnya seperti IPK, pengalaman organisasi, penghargaan, dan sertifikasi atau lisensi yang anda dapatkan selama menempuh pendidikan.

Baca Juga: Foto Indomie Jaksel Abis Viral di Instagram, Ini Komentar Warganet: Ngakak

7. Tambahkan bagian opsional dalam resume 

Jika resume yang anda buat dirasa terlalu singkat atau pendek disarankan untuk menambah bagian opsional. 

Bagian opsional ini tidak wajib dimasukkan. Namun jika dimasukkan, anda bisa menyertakan pencapaian atau minat yang mendukung tujuan karir dan relevan dengan kualifikasi lowongan kerja yang tersedia atau pemberi kerja.

8. Format resume Anda

Format resume yang dimaksud disini adalah detail tata letak, gaya font, ukuran font, margin dan spasi. Jika resume yang anda buat rapih dan mudah terbaca akan lebih terlihat profesional.

9. Koreksi resume Anda

Tinjau kembali resume yang telah anda buat untuk dapat mengoreksi jika ada kesalahan ejaan, bahasa atau tanda baca. Pasalnya, kesalahan tersebut kemungkinan akan dinilai sebagai bentuk ketidaktelitian dan kurang profesional.

Baca Juga: Cek Harga iPad 8, iPad Pro, dan Seri Lain di iBox Februari 2022

10. Sesuaikan resume Anda untuk setiap lowongan kerja

Penting untuk merevisi resume Anda untuk menyesuaikannya dengan setiap lowongan kerja yang Anda lamar. 

Untuk setiap pekerjaan, sesuaikan kata kunci di bagian keterampilan sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan pemberi kerja. Hal tersebut akan menambah peluang anda diterima karena resume terlihat lebih profesional dan tidak asal-asalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Ryan Suherlan

Terbaru