Cara Mudah & Otomatis Membuat Daftar Isi di Microsoft Word Tanpa Ketik Satu per Satu

Sabtu, 26 April 2025 | 16:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara Mudah & Otomatis Membuat Daftar Isi di Microsoft Word Tanpa Ketik Satu per Satu

ILUSTRASI. Cara Mudah & Otomatis Membuat Daftar Isi di Microsoft Word Tanpa Ketik Satu per Satu.


TIPS & TRIK - Anda bisa membuat daftar isi atau table of contents secara otomatis di Microsoft Word baik itu di Windows, iOS, maupun versi website-nya.   

Buku, jurnal ilmiah, hingga skripsi selalu memiliki daftar isi atau table of contents. Bagian ini sangat penting karena akan memudahkan pembaca untuk mencari halaman yang diinginkan. 

Bersumber dari laman support.microsoft.com membuat table of contents di Microsoft Word Windows, MacOS, dan versi web memiliki sedikit perbedaan. 

Berikut ini cara mudah membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word diberbagai software komputer sesuai kebutuhan Anda. 

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Sabtu (26/4/2025) Antam, UBS, Galeri 24

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word Windows

1. Klik menu "Referensi/References" jika dokumen sudah selesai diketik

2. Kemudian pilih opsi "Daftar Isi/Table of Contents". 

3. Akan muncul beberapa pilihan format daftar isi, kemudian klik format "Automatic Table 1/Daftar Isi Otomatis 1". 

4. Daftar isi Anda akan secara otomatis dibuat oleh Microsoft Word yang memuat sub-judul setiap halaman dan keterangannya. 

5. Daftar isi perlu diperbarui jika ada tambahan halaman atau isi dokumen diubah. Klik "Referensi/References" lalu pilih opsi "Perbarui Tabel/Update Table". 

6. Kemudian pilih salah satu diantara "Update page numbers only/Memperbarui nomor halaman saja" untuk update nomor halaman saja atau "Update entire table/Memperbarui seluruh tabel" untuk mengganti keseluruhan daftar isi. 

7. Setelah memilih, Anda bisa klik "OK".

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word MacOS

1. Klik pada lokasi yang akan disisipi daftar isi. 

2. Kemudian klik "Referensi" lalu pilih "Daftar Isi". 

3. Setelahnya pilih "Daftar Isi Otomatis". 

4. Daftar isi Anda akan secara otomatis dibuat oleh Microsoft Word yang memuat sub-judul setiap halaman dan keterangannya. 

5. Daftar isi perlu diperbarui jika ada tambahan halaman atau isi dokumen diubah. Klik "Referensi/References" lalu pilih opsi "Perbarui Tabel/Update Table". 

6. Kemudian pilih salah satu diantara "Update page numbers only/Memperbarui nomor halaman saja" untuk update nomor halaman saja atau "Update entire table/Memperbarui seluruh tabel" untuk mengganti keseluruhan daftar isi. 

7. Setelah memilih, Anda bisa klik "OK".

Tonton: Harga Emas Antam Melemah Hari ini (26 April 2025)

Cara membuat daftar isi otomatis Microsoft Word versi web

1. Klik pada halaman yang ingin Anda sisipkan daftar isi.

2. Pada pita toolbar, pilih Referensi. 

3. Di dekat ujung kiri, pilih Sisipkan Daftar Isi, atau pilih Daftar Isi  kemudian pilih "Sisipkan Daftar Isi". 

4. Daftar isi disisipkan, memperlihatkan judul dan nomor halaman di dokumen Anda.

5. Jika Anda membuat perubahan pada dokumen yang mempengaruhi daftar isi, Anda bisa memperbaruinya dengan mengklik kanan tabel dan memilih Perbarui Daftar Isi.

Itulah cara gampang membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word. Sekarang Anda tidak perlu lagi mengetik secara manual untuk membuat bagian ini untuk buka atau skripsi Anda.

Selanjutnya: Misa Pemakaman Paus Fransiskus Digelar di Lapangan Santo Petrus, 220 Kardinal Hadir

Menarik Dibaca: 15 Daftar Buah yang Cocok untuk Dikonsumsi saat Menurunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru