MENCARI KERJA - Saat ini banyak perusahaan yang meminta pelamar mengirim lamaran kerja melalui email alih-alih menggunakan pos atau offline.
Selain cepat, email lamaran kerja juga bisa dibuka dimana saja. Email mengurangi penggunaan kertas sehingga ruangan kantor tidak penuh dengan lamaran kerja.
Karena mudah, tidak jarang pelamar kemudian asal mengirim lamaran kerja. Padahal ada tata cara yang baik dalam mengirim lamaran kerja via email.
Baca Juga: Konsumen Kaget, Transaksi di Google, Apple Hingga Tokopedia Tetap Kena PPN 12%
Ada etika yang tetap harus dijunjung agar perusahaan menilai Anda baik. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membagikan tips saat melamar kerja lewat email dengan baik.
Melalui Instagram resminya, berikut ini etika mengirim email lamaran kerja menurut Kemnaker.
-
Subjek email jelas
Subjek pada email adalah hal yang pertama kali dibaca oleh perusahaan. Jika tidak jelas, email lamaran bisa dianggap spam.
Tulis nama serta posisi yang akan dilamar. Gunakan kata-kata yang formal dan santun dengan ejaan yang jelas.
Dengan begitu perusahaan bisa langsung membuka dan melihat email lamaran Anda.
-
Satu email satu lamaran
Melamar pekerjaan di banyak tempat sudah menjadi hal yang lumrah. Tidak jarang pelamar kerja memasukkan lamaran ke lebih dari 5 perusahaan dalam sehari.
Karena banyak yang dilamar, mengirim satu email ke banyak perusahaan jadi jalan pintas. Padahal cara ini justru membuat Anda terkesan tidak sopan.
Memang melelahkan, tapi satu lamaran kerja sebaiknya menggunakan satu email. Jika ingin mendaftar perusahaan lain, buatlah email baru.
Tonton: WHO Ingin Data COVID-19 Lebih Banyak dari China, Ini Tanggapan Tiongkok
-
Melampirkan cover letter dan CV
Jangan lupa lampirkan cover letter atau surat lamaran dan CV pada email lamaran kerja. Dua dokumen ini membantu perusahaan untuk mengenal Anda.
Usahakan lampiran cover letter dan CV dalam bentuk PDF. Format ini lebih mudah dibuka dan diunduh tanpa merusak isi dokumen.
Pastikan juga kedua file tersebut diberi nama sesuai dengan fungsinya.
-
Kata pembuka di body email
Saat bertamu, Anda pasti mengucapkan salam agar lebih sopan. Kata pembuka ibarat salam yang diberikan untuk perusahaan.
Perusahaan lebih dihargai jika email Anda menggunakan kata pembuka. Perusahaan jadi lebih tertarik untuk membaca lamaran jika Anda sudah bersikap sopan.
Selanjutnya: Anime Adventures Code Januari 2025, Simak Daftar Terbaru dan Cara Klaim di Roblox
Menarik Dibaca: Menurut Penelitian, Inilah Obat Tradisional Diabetes Alami yang Dapat Dicoba
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News